Jakarta (ANTARA) -
Anggota DPR RI Edhie Baskoro Yudhoyono (Ibas) menyalurkan bantuan untuk pengembangan usaha mikro, kecil, dan menegah (UMKM) dalam kunjungan kerja di Desa Bendorejo, Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur.

Dalam keterangan tertulis di Jakarta, Kamis, Ibas memberikan bantuan bahan, peralatan produksi, dan 1.000 paket sembako untuk seluruh warga.

“Semoga dibalik semua kesulitan, tetap ada satu senyuman yang penuh dengan semangat agar kita tidak mudah menyerah untuk hidup lebih baik. Kami datang untuk memberikan solusi agar apa yang diaspirasikan masyarakat Bendorejo dapat dibantu sehingga UMKM lebih 'moncer',” jelasnya.

Pada kunjungannya ke sentra UMKM keripik tempe sagu di Desa Bendorejo, Ibas tampak mencoba langsung proses produksi. Satu per satu tempe ia celupkan ke air garam dan langsung digoreng di kuali besar.

Baca juga: Ibas dukung UMKM keripik tempe asal Ngawi "naik kelas"
Baca juga: Ibas optimistis Jeruk pamelo jadi potensi pertanian Magetan


Ia mengatakan di Desa Bendorejo selain pertanian dan perkebunan yang terus berkembang, ada UMKM keripik tempe sagu yang terus maju.

"Semoga UMKM-UMKM seperti ini jangan sampai punah, tetapi terus berkembang. Mungkin tidak hanya keripik tempe sagu saja produksinya, tetapi bisa keripik sale pisang atau keripik lainnya agar Kabupaten Trenggalek terus maju," harapnya.

Para pegawai UMKM itu bisa menghasilkan 500 bungkus setiap hari. Mereka merasa bahwa tantangan sebagai produsen yang bergerak di bidang kuliner bukan hanya dari lingkungan, tetapi bahan baku. Mereka mengeluhkan terkait harga-harga yang masih tinggi, seperti minyak dan tepung.

Pemilik UMKM Mekar Jaya Sundari menyampaikan rasa terima kasihnya atas bantuan yang diberikan Ibas.

“Alhamdulillah kami mendapat bantuan dari Mas Ibas. Kami bahagia sekali, 'matur suwun' (terima kasih) Mas Ibas telah membantu kami. Semoga Mas Ibas sehat selalu dan apa yang diinginkan bisa terwujud,” katanya.

Pewarta: Fauzi
Editor: Herry Soebanto
Copyright © ANTARA 2022