Untuk tahun ini JMT sudah mempersiapkan dalam arti ada beberapa layanan lalu lintas, transaksi, dan preservasi.
Jakarta (ANTARA) - PT Jasamarga Metropolitan Tollroad (JMT) memastikan layanan lalu lintas, transaksi, dan preservasi jalan tol dalam kondisi siap untuk mendukung liburan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023.

"Untuk tahun ini JMT sudah mempersiapkan dalam arti ada beberapa layanan lalu lintas, transaksi, dan preservasi," kata Jasamarga Metropolitan Tollroad (JMT) Regional Division Head Widyatmiko Nursejati dalam konferensi pers di Jakarta, Kamis.

Miko mengatakan, untuk layanan transaksi, JMT sudah menambahkan mobile reader dan petugas yang membantu pengaturan lalu lintas di area gerbang tol.  "Dengan demikian diharapkan tidak ada lagi kepadatan di gerbang tol dan kapasitas gerbang tersebut dapat meningkat," katanya.

Baca juga: Dishub DKI batasi angkutan barang di tol dan non-tol saat Natal

Selain itu, pengguna jalan tol tidak terjebak antrean di gerbang tol, dapat melakukan transaksi dengan lancar dan melanjutkan perjalanannya menuju tujuan.

Kemudian untuk layanan lalu lintas, JMT menyediakan armada-armada untuk penanganan bilamana terjadi hambatan lalu lintas seperti mobil mogok. Pengguna jalan tol bisa menghubungi 14080 jika ingin meminta bantuan dari petugas, seperti mobile customer service, kendaraan derek ataupun mobil rescue.

Selain itu JMT juga didukung oleh personel kepolisian dan berkoordinasi serta bersinergi baik dengan Dinas Perhubungan bilamana perlu dilakukan rekayasa lalu lintas seperti contraflow atau pengoperasian lajur-lajur fungsional yang disiagakan dalam rangka libur Natal dan tahun baru ini.

Untuk layanan preservasi, JMT memastikan jalan tol dalam kondisi prima dan mantap, sehingga pengguna dapat nyaman ketika melintasi jalan tol tersebut.

Baca juga: Tol Semarang-Demak difungsikan saat libur Natal

Dalam kesempatan tersebut, Miko juga mengimbau para pengguna jalan tol untuk mengunduh aplikasi Travoy dalam membantu perjalanan.

"Kepada para pengguna jalan tol yang akan melaksanakan perjalanan di jalan tol jangan lupa untuk mengunduh aplikasi Travoy milik Jasa Marga," katanya.

Dalam aplikasi tersebut, pengguna bisa memantau CCTV di ruas-ruas tol yang dikelola Jasa Marga, kemudian terdapat fitur cek saldo e-toll, dan juga untuk mencetak resi atau struk transaksi tol.

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2022