Karawang (ANTARA) - Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika menggambarkan sosok seorang ibu begitu penting dalam memberikan dampak yang positif dalam pembangunan serta ketahanan pangan nasional.

"Sosok ibu bukan hanya sebagai pendukung dalam suksesnya keluarga," kata Bupati pada peringatan Hari Ibu, di Purwakarta, Kamis.

Seorang ibu sering terlibat aktif, baik di belakang, di tengah, bahkan di garda terdepan untuk terus berjuang. Tenaga, pikiran, darah, bahkan hingga nyawanya telah disumbangkan.

"Tidak ada kata lelah, para perempuan hebat yang telah melahirkan kita terus berkorban bukan saja bagi dirinya sendiri, melainkan demi kepentingan keluarga, lingkungan, masyarakat, bahkan bangsa dan negara," kata dia.

Baca juga: Warga binaan lapas Suliki gelar prosesi basuh kaki ibu

Baca juga: Hari Ibu, Komnas Perempuan ajak perempuan berjuang dan optimistis


Menurut dia, peran serta perempuan di Indonesia begitu penting dalam memberikan dampak yang positif dalam pembangunan serta ketahanan pangan nasional.

"Ketahanan pangan nasional termasuk dalam rumah tangga, mengingat keluarga menjadi pondasi yang paling kuat dalam ketahanan nasional. Begitupun dengan para perempuan di Purwakarta dalam setiap profesi dan kontribusinya," katanya.,

Disebutkan, sehubungan situasi saat ini akan menghadapi tahun politik, ia berharap semua semakin bijak menyikapi semua gejolak yang ditimbulkan oleh kegalauan dan dinamika politik.

Ia berpesan agar semua pihak tidak mudah terprovokasi, jangan mau dipecah belah, dan terpenting harus cerdas juga dalam menentukan sikap.

"Tema hari ibu tahun ini adalah Perempuan Berdaya Indonesia Maju. Di mana perjuangan para perempuan bukanlah hal mudah. Namun, kita harus berani menembus batas-batas sosial, bersuara untuk memperjuangkan hak-hak kaum perempuan dan bersama dengan kaum laki-laki meraih apa yang dicita-citakan bersama," kata Anne.

Ia juga mengapresiasi yang setinggi-tingginya kepada ibu-ibu hebat dan tangguh di Purwakarta.

Sejauh ini, pemerintah telah mendorong kesetaraan gender betapa luar biasanya kaum ibu di Kabupaten Purwakarta, selain berdaya bagi dirinya. Namun, mampu juga mewariskan ilmu dan kemampuannya kepada generasi bangsa di masa yang akan datang, agar bisa lebih kuat, tangguh dan mampu menghadapi berbagai tantangan zaman.*

Baca juga: Sri Mulyani: Perempuan berkiprah tanpa hilangkan keperempuanannya

Baca juga: Menteri Bintang: Hari Ibu adalah milik kita semua

Pewarta: M.Ali Khumaini
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2022