Temanggung (ANTARA) - Kepala Polres Temanggung, AKBP Agus Puryadi, memimpin langsung sterilisasi beberapa gereja di Kabupaten Temanggung menjelang perayaan Natal 2022.

"Gereja Pantekosta ini akan melaksanakan kegiatan peribadatan pertama untuk anak-anak, maka sebelumnya kami lakukan sterilisasi," kata dia, di Temanggung, Jumat.

Baca juga: Polda Kalimantan Barat amankan 1.050 gereja saat perayaan Natal 2022

Dalam sterilisasi gereja ini, polisi menggunakan detektor metal dan satu anjing pelacak untuk menyisir setiap sudut ruang gereja.

"Hal ini kami lakukan untuk memberikan pengamanan secara maksimal sehingga umat yang beribadat di sini bisa aman, nyaman, dan khidmad," katanya.

Baca juga: Polda Bali jaga ketat gereja cegah teror saat Natal 2022

Ia menjelaskan melalui sterilisasi ini apabila ada barang-barang yang berbahaya terpasang di dalam lingkungan gereja ini akan bisa ditemukan dengan metal detektor, anjing pelacak, dan juga dari Inavis menggunakan sinar ultra violet bisa mendeteksi tempat-tempat gelap yang ada barang berbahaya bisa diketahui juga.

Ia juga memastikan CCTV di gereja ini berfungsi baik. Ada 16 titik CCTV yang terpasang di gereja ini.

Baca juga: Polisi: 12 gereja di Kota Tangerang dapat pengamanan prioritas

Ia menuturkan dalam pengamanan Natal 2022 Polres Temanggung mendirikan pos terpadu di dua titik, yakni di depan BCA Temanggung dan di depan RSK Parakan.

Koordinator Panitia Natal Gereja Pantekosta Temanggung, Deni Yuwono, menyebutkan kegiatan Natal di Gereja Pantekosta Temanggung dimulai hari ini untuk Natal pelayanan anak Pantekosta (Pelnap/sekolah Minggu).

Baca juga: Polda Metro Jaya siapkan personel pengamanan untuk 1.385 gereja

Kemudian hari Minggu (25/12) ada Natal umum dan 31 Desember 2022 ada perayaan akhir tahun, dan 1 Januari 2023 perayaan awal tahun.

"Kami sangat senang mendapat pengamanan dari Polri, karena tidak mungkin kami atasi sendiri, memang kami butuh bantuan pengamanan dari polisi," katanya.

Baca juga: Polrestro Jaksel kunjungi gereja untuk ciptakan pengamanan lebih baik

 

Pewarta: Heru Suyitno
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2022