Tidak ada sukses pemilu tanpa peran media.
Manado (ANTARA) - Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulawesi Utara (Sulut) Amrain Razak berharap pers dapat menyajikan berita edukatif, mendidik kepada masyarakat menjelang Pemilu 2024.

"Sebagai penyelenggara pemilu kami ingin pers menyajikan berita lebih edukatif mendidik terutama terkait dengan tahapan penyelenggaraan pemilu," kata Amrain saat 'Media Gathering', di Manado, Jumat.

Pers menurut pria yang pernah berprofesi sebagai wartawan salah satu media di Sulut tersebut, adalah mitra kerja KPU provinsi untuk suksesnya penyelenggaraan pemilu tahun depan.

"Dengan pers apa pun informasi terkait dengan tahapan dan penyelenggaraan pemilu itu bisa tersampaikan kepada masyarakat," ujarnya.

Komisioner KPU, menurut dia, hanya lima orang, tapi dengan kehadiran teman-teman pers informasi tersebut bisa tersosialisasi lebih jauh dan luas.

"Tidak ada sukses pemilu tanpa peran media," katanya pula.

Pada pemilu sebelumnya, peran pers sangat signifikan dimana capaian tingkat partisipasi pemilih di Sulut bisa melebihi angka pencapaian tingkat nasional.

"Saya yakin peran pers pada pemilu tahun 2024 mendatang juga akan maksimal," ujarnya lagi.

Saat ini tahapan yang akan bergulir yaitu pencalonan DPD, panitia pemungutan suara, pemutakhiran data pemilih, karena itu dia berharap semua informasi tersampaikan secara baik dan luas.

Dia berharap, sinergi yang terbangun antara penyelenggara pemilu dengan pers akan memberikan kontribusi positif bagi tahapan penyelenggaraan pemilu pada tahun 2024 mendatang di provinsi berpenduduk lebih 2,4 juta jiwa tersebut.
Baca juga: DKPP-Unima teken MoU penguatan demokrasi dan integritas pemilu
Baca juga: KPU Sulut harap pers hadirkan mutu partisipasi masyarakat dalam pemilu

Pewarta: Karel Alexander Polakitan
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2022