Kabupaten Bekasi (ANTARA) - Dinas Perhubungan Kabupaten Bekasi, Jawa Barat menyiagakan sejumlah posko dilengkapi personel penjagaan guna memantau arus lalu lintas selama periode libur Hari Raya Natal hingga Tahun Baru 2023.

"Kita dirikan 10 posko serta 126 personel yang tersebar di ruas jalan nasional dan jalan inspeksi Kalimalang," kata Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Bekasi Yana Suyatna di Posko Cikarang, Sabtu.

Dia mengatakan personel siaga dinas perhubungan sudah diterjunkan sejak Jumat (23/12) kemarin hingga 2 Januari 2023 untuk mengatur kelancaran lalu lintas selama periode tersebut.

"Di setiap posko kita siagakan personel untuk mengantisipasi kepadatan kendaraan, ketersendatan akibat putaran jalan, serta hambatan lain yang dapat berakibat kemacetan," katanya.

Menurut dia, titik penempatan posko memiliki peran penting melancarkan arus lalu lintas pada kegiatan tahunan ini. Dari 10 posko yang didirikan, lima di antaranya ditempatkan di jalan nasional atau jalur pantai utara sedangkan lima lagi di jalur Kalimalang.

Posko sepanjang Jalur Pantura Kabupaten Bekasi dipusatkan di Simpang Sentra Grosir Cikarang, Kecamatan Cikarang Utara. Kemudian di wilayah perbatasan dengan Kabupaten Karawang dan Kota Bekasi, serta simpul kepadatan lalu lintas di Cibitung dan Cikarang Timur.

"Kemudian lima pos lain di sepanjang Jalan Inspeksi Kalimalang yang biasanya dijadikan jalur alternatif pemudik dan pengguna jalan lain. Jadi total keseluruhan ada 10 pos lalu lintas," katanya.

Yana memastikan tidak akan memberlakukan skema penyekatan lalu lintas selama periode libur Natal hingga Tahun Baru 2023 berdasarkan hasil koordinasi lintas sektor bersama pemerintah daerah serta kepolisian dan TNI.

Dirinya berharap pengguna jalan yang melintasi wilayah Kabupaten Bekasi bisa mengantisipasi perjalanan dengan menghindari simpul-simpul potensi kepadatan lalu lintas agar tidak terjebak kemacetan.

"Kepadatan kendaraan diprediksi akan terjadi terutama di sekitar area jalur wisata Kabupaten Bekasi selama musim libur Natal hingga Tahun Baru mendatang," kata dia.

Baca juga: Lalu lintas Pantura Bekasi masih normal H-2 Natal

Baca juga: Bupati imbau warga Bekasi tidak berlebihan rayakan tahun baru


Pewarta: Pradita Kurniawan Syah
Editor: Satyagraha
Copyright © ANTARA 2022