Palembang (ANTARA) - Kepolisian Daerah Sumatera Selatan menurunkan tim penjinak bom (Jibom) Satuan Brimob dan anjing pelacak Unit Satwa K9 Direktorat Shabara untuk melakukan pengecekan dan pengamanan di sejumlah gereja yang menjadi pusat kegiatan malam Misa Natal.

Petugas Brimob dan Shabara diturunkan untuk melakukan pengecekan gereja dan lingkungan sekitar guna memberikan rasa aman dan nyaman bagi pengunjung yang akan merayakan Natal, kata Kabid Humas Polda Sumsel, Kombes Pol.Supriadi di Palembang, Sabtu.

Dia menjelaskan, kegiatan tersebut merupakan standar operasional prosedur (SOP) terkait pengamanan Natal guna mengantisipasi terjadinya gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas).

Melalui kegiatan pengamanan secara maksimal itu diharapkan kegiatan malam Misa Natal di wilayah provinsi dengan 17 kabupaten dan kota itu berlangsung dengan aman, tertib, dan lancar.

Khusus di Kota Palembang ada empat gereja yang menjadi fokus pengamanan yakni Gereja Katolik Paroki St.Yoseph, gereja Hati Kudus, gereja Methodist II, dan gereja Santa Maria, kata Kombes Pol.Supriadi.

Sementara Gubernur Sumsel, Herman Deru menjelaskan bahwa secara umum kondisi kamtibmas di Kota Palembang dan 16 kabupaten/kota lainnya cukup kondusif menjelang Natal.

Kondisi kamtibmas yang telah terpelihara dengan baik selama ini diharapkan bisa dipertahankan oleh semua pihak dan lapisan masyarakat sehingga berbagai aktivitas dan kegiatan pembangunan dapat terus berjalan dengan baik.

Selain menjaga kamtibmas tetap kondusif, pihaknya juga mengharapkan para jemaat yang merayakan Natal dan masyarakat secara umum tetap menjaga dan menerapkan protokol kesehatan antisipasi COVID-19, kata Gubernur Herman Deru.

Pewarta: Yudi Abdullah
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2022