tiga KA keberangkatan Stasiun Gambir dan Stasiun Pasar Senen berhenti melayani naik penumpang di Stasiun Jatinegara 22-31 Desember 2022
Jakarta (ANTARA) - Sebanyak tujuh unit rangkaian kereta api (KA) jarak jauh dari Stasiun Gambir dan Pasar Senen, Jakarta Pusat, transit di sejumlah stasiun lintasan untuk mengangkut penumpang selama libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023.

"Ada tujuh KA yang saat ini berhenti di Stasiun Jatinegara dan Cikarang untuk melayani naik penumpang, yang sebelumnya pada kondisi normal tidak berhenti," kata Kepala Humas PT KAI Daerah Operasi (Daop) 1 Eva Chairunisa di Stasiun Gambir Jakarta, Sabtu.

Kebijakan itu dilakukan untuk meningkatkan pelayanan kepada pelanggan KA agar dapat memilih rute terdekat dari rumah saat menuju stasiun.

Dari tujuh KA tersebut, sebanyak tiga di antaranya melayani naik turun penumpang di Stasiun Jatinegara dan empat KA lainnya di Stasiun Karawang, Jawa Barat, untuk melayani naik turun penumpang.

"Hal ini dilakukan untuk mengakomodasi dan memudahkan calon penumpang yang akan menggunakan KA jarak jauh di area Daop 1 Jakarta sehingga memiliki stasiun alternatif untuk melakukan proses pemeriksaan tiket dan naik KA serta menghindari kepadatan di Stasiun Gambir dan Pasar Senen," ujarnya.

Baca juga: Pengguna jasa KA jarak jauh dari Jakarta ramai sehari menjelang Natal

Baca juga: KAI Daop 1: Pemesanan tiket hari ini menurun dibanding kemarin


Daftar tiga KA keberangkatan Stasiun Gambir dan Stasiun Pasar Senen yang berhenti melayani naik penumpang di Stasiun Jatinegara mulai 22 hingga 31 Desember 2022 di antaranya, KA 7004A Argo Muria Tambahan tujuan Semarang Tawang, berangkat dari Stasiun Gambir pukul 00.35 WIB.

KA 7026B Taksaka tambahan tujuan Yogyakarta, berangkat dari Stasiun Gambir pukul 23.45 WIB, KA 252A Majapahit tujuan Malang, berangkat dari Stasiun Pasar Senen pukul 20.10 WIB.

Daftar empat KA keberangkatan Stasiun Pasar Senen yang berhenti melayani naik turun penumpang di Stasiun Karawang mulai 22 hingga 31 Desember 2022 di antaranya KA 7032A Kertajaya Tambahan tujuan Surabaya Pasarturi, berangkat dari Stasiun Pasar Senen pukul 05.30 WIB.

KA 7034A Brantas Tambahan tujuan Blitar, berangkat dari Stasiun Pasar Senen pukul 12.05 WIB, KA 258C Jaka Tingkir tujuan Purwosari, berangkat dari Stasiun Pasar Senen pukul 12.50 WIB.

KA 310A Tawang Jaya tujuan Semarang Poncol, berangkat dari Stasiun Pasar Senen pukul 21.40 WIB.

"Adapun waktu keberangkatan KA dari Stasiun Gambir dan Stasiun Pasar Senen tidak mengalami perubahan, sehingga penumpang yang memilih naik dari Stasiun Jatinegara atau Karawang dapat menyesuaikan waktu kedatangannya," ujarnya.

Selain itu juga terdapat empat KA kedatangan Stasiun Pasar Senen berhenti di Stasiun Karawang yang hanya melayani turun penumpang, yaitu, KA 7031a Kertajaya Tambahan relasi Pasarturi-Pasarsenen, KA. 7033a Brantas Tambahan relasi Blitar-Pasar Senen.

KA 257c Jaka Tingkir relasi Purwosari--Pasarsenen, KA 309a Tawang Jaya relasi Semarang Poncol--Pasarsenen.

"Pengaturan pola operasi khusus tersebut hanya berlaku untuk layanan naik dan turun penumpang, namun tidak berlaku untuk pembelian tiket," katanya.

Jika pengguna ingin membeli tiket pada tujuh KA tersebut, kata Eva, maka tetap memilih relasi keberangkatan awal yakni dari Stasiun Pasar Senen atau Stasiun Gambir. "Tapi pada saat akan naik sesuai jadwal perjalanan pada tujuh KA tersebut," katanya.

Eva menambahkan, pengguna dapat melakukan proses boarding dan naik dari Stasiun Jatinegara atau Stasiun Karawang. Perlu diperhatikan bahwa tidak ada loket penjualan tiket KA Jarak Jauh di Stasiun Jatinegara.

Baca juga: H-1 Natal, 36.100 penumpang berangkat dari Gambir dan Pasarsenen

Baca juga: KAI mulai jual tiket Kereta Panoramic untuk tambahan tempat duduk

Pewarta: Andi Firdaus
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2022