kami tetap mengoptimalkan pengawasan
Pangkalpinang (ANTARA) - Satgas Penanganan COVID-19 Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menyatakan lima dari tujuh kabupaten/kota di Provinsi Kepulauan Babel pada Senin (26/12) tanpa penambahan kasus orang terpapar COVID-19, sehingga total pasien aktif di daerah itu tersisa 79 orang.

"Hari ini penambahan tiga kasus COVID-19 hanya terdapat di Belitung dua dan Bangka Tengah satu kasus," kata Sekretaris Satgas Penanganan COVID-19 Provinsi Kepulauan Babel Mikron Antariksa di Pangkalpinang, Senin.

Ia mengatakan lima kabupaten/kota tanpa penambahan kasus COVID-19 yaitu Kota Pangkalpinang, Kabupaten Bangka Barat, Bangka, Bangka Selatan dan Belitung Timur karena kesadaran masyarakat untuk menerapkan protokol kesehatan selama perayaan Natal cukup baik.

"Saat ini pasien sembuh dari COVID-19 juga bertambah delapan dan pasien meninggal nihil," ujarnya.

Baca juga: Penjabat Gubernur Babel imbau masyarakat taati prokes COVID-19
Baca juga: Dinkes: Stok vaksin COVID-19 di Babel 5.381 dosis

Ia menyatakan dengan penambahan kasus ini, maka pasien aktif yang menjalani karantina menjadi 79 orang tersebar di Belitung 41, Bangka 10, Pangkalpinang 5, Bangka Tengah 5, Belitung Timur 3, Bangka Selatan 7 dan Bangka Barat tersisa 8 orang pasien.

"Menjelang Tahun Baru 2023 ini, kami tetap mengoptimalkan pengawasan dan sosialisasi penerapan protokol kesehatan serta vaksinasi booster," katanya.

Ketua Satgas Penanganan COVID-19 Kabupaten Bangka Barat Achmad Nursyandi mengatakan dalam beberapa bulan terakhir jumlah kasus di daerah itu melandai dan belum pernah terjadi lonjakan kasus yang cukup signifikan seperti awal pandemi COVID-19.

"Kami berharap situasi seperti ini bisa terus dijaga masyarakat dengan tetap mematuhi protokol kesehatan yang berlaku sehingga jumlah kasus bisa terus menurun," katanya. 

Baca juga: Antisipasi COVID-19 saat liburan, jaga prokes terutama di kerumunan

Pewarta: Aprionis
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2022