Padang (ANTARA) -
Aparatur gabungan bersama seluruh pranata pemerintahan di Bukittinggi, Sumatera Barat, memastikan seluruh kebaktian dan misa serta perayaan Natal di sana dapat berjalan secara baik dan lancar tanpa masalah apapun

Komandan Kodim 0304/Agam, Letnan Kolonel CZI Renggo Y Ariesko, di Bukittinggi, Senin, mengatakan, mereka bersama Kepala Polresta Bukittinggi, AKBP Wahyuni Sri Lestari, dan Pemkot Bukittinggi memastikan hal itu dengan mengunjungi langsung gereja-gereja yang melangsungkan kebaktian dan misa di sana. 

Baca juga: Satgas Organik Yonarhanud 3/YBY jaga kebaktian malam Natal
 
"Kami memastikan pelaksanaan ibadah Natal berjalan aman, damai, tenteram dan kondusif, maka dari itu kami bersama Forkopimda keliling gereja yang ada di Bukittinggi," kata Ariesko. 
 
Menurut dia, suasana terkendali ini tidak terlepas dari pengamanan yang telah dilakukan baik berasal dari segala unsur keamanan.

Baca juga: Pemkot Bekasi apresiasi petugas pengamanan Natal 2022
 
Ia mengatakan, tentara dan polisi dan organisasi kemasyarakatan lain telah berpartisipasi dalam menjaga keamanan dan ketertiban pada perayaan Natal.
 
"Semua ini tidak terlepas dari pantauan Babinsa, Bhabinkamtibmas dan Satpol-PP yang secara berkesinambungan melaporkan perkembangan situasi menjelang perayaan Natal," katanya.

Baca juga: Sepekan, pengamanan Natal hingga pemberian remisi 14.057 Narapidana
 
Ia bilang, kebaktian/misa dan perayaan Natal tahun ini lebih ramai dan meriah jika dibandingkan tahun sebelumnya karena pandemi Covid-19.
 
"Juga bertepatan dengan momen libur sekolah, Bukittinggi menjadi semakin ramai dikunjungi, setelah Natal ini proses pengamanan juga dilanjutkan dengan rangkaian tahun baru," katanya.

Baca juga: Personel pengamanan gereja diingatkan untuk tetap berseragam
 
Seorang warga, Ronald (42), mengatakan, sengaja berlibur merayakan Natal dan tahun baru setelah lebih dari dua tahun tidak mengunjungi Bukittinggi.
 
"Kami dari Jakarta, kebetulan ada saudara di Bukittinggi, selama ini Ibadah Natal di sini juga aman saja, tapi tahun ini lebih ramai karena bisa ke sini bersama tanpa halangan Covid-19, kami di sini sampai tahun baru, kembali lagi ke Jakarta setelahnya," katanya.

Baca juga: TNI akan terjunkan 25 ribu personel amankan Natal dan Tahun Baru

Pewarta: Miko Elfisha
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2022