Jakarta, 11/9 (ANTARA) - Acara puncak HAPKA, Hari Pulang Kampus Alumni Fakultas Kehutanan IPB ke XV Tahun 2012 akan diselengggarakan tanggal 15 September 2012 di Kampus Darmaga - Bogor, yang sebelumnya diawali dengan beberapa rangkaian kegiatan mulai dari bakti sosial Rimbawan Peduli tanggal 10 Agustus 2012,  Sepeda Gembira (Funbike) tanggal 8 September 2012, Lokakarya dan Bedah Buku tanggal 12 - 13 September 2012.

     Rimbawan Peduli yang telah dilaksanakan pada bulan Ramadhan lalu menjadi kesempatan bagi para alumni untuk menyatukan hati berbagi kepada almamater dan masyarakat sekitar kampus sebagai ungkapan rasa syukur dan terimakasih. Funbike telah diikuti oleh sekitar 500 alumni  yang hadir dari sekitar Jabotabek khususnya  dan beberapa diantaranya dari daerah lain.  Tanggal 12-13 September 2012 saatnya bagi para alumni untuk sumbang  pikiran melalui Bedah Buku dan Lokakarya yg diselenggarakan di IPB International Convention Center (IICC), Kampus Baranangsiang - Bogor dengan tema: Menemu-Kenali Pengungkit Sistem Pembangunan Kehutanan.

     HAPKA Fahutan IPB 2012 ini terasa lain dan memiliki tantangan tersendiri bagi panitia pelaksana yang diketuai oleh Ir. Mintarjo, MMA.   Betapa tidak? HAPKA kali ini pelaksanaannya bertepatan dengan setengah abad kehadiran IPB sebagai Kampus Rakyat, dimana Fakultas Kehutanan ada didalamnya yang telah menghasilkan 6.000 lebih rimbawan yang saat ini telah tersebar di antero tanah air. Rimbawan memikul tanggung jawab untuk selalu berperan aktif dalam menjaga kelestarian hutan, tidak hanya soal keberadaannya saja tapi juga dari sudut kemanfatan hasil, fungsi dan perannya baik secara ekonomi, ekologi dan sosial.  Secara ekonomi, kehutanan harus mampu  menyumbangkan devisa dan lapangan kerja. Secara ekologi dituntut untuk melestarikan fungsi tata air, pelestarian Biodiversity dan penanggulangan perubahan iklim.  Secara sosial diharapkan mampu mensejahteraan seluruh rakyat Indonesia secara berkeadilan termasuk masyarakat lokal yang tinggal di dalam dan sekitar kawasan hutan.

     Atas kesadaran usia ini, Rimbawan Alumni FAHUTAN IPB dituntut untuk menjadi lentera pencerahan baru dalam  menghadapi tantangan masa depan mengintegrasikan kepentingan ekonomi dan lingkungan tersebut. Dengan satu jiwa korsa, satu visi, dan satu keluarga Alumni FAHUTAN IPB yang periode 2009 - 2012 dipimpin oleh Ir. Sumarto Suharno, MM, menyelenggarakan  HAPKA ke XV Tahun 2012 dengan tema  "Pembangunan Hutan dalam Transisi, Meraih Kembali Kejayaan Hutan Sebagai Pilar Ekonomi dan Penyangga Kehidupan", dengan tujuan selain sebagai ajang temu kangen alumni juga merupakan wahana konsolidasi dan temu kerja untuk melahirkan hasil-hasil pemikiran yang akan disumbangkan kepada para pihak terkait khususnya kepada pemerintah dalam hal ini Kementerian Kehutanan Republik Indonesia yang rencana akan hadir pada Hari Puncak akhir pekan ini.

     Untuk keterangan lebih lanjut, silakan menghubungi Ir. Mintarjo, MMA, Ketua Panitia HAPKA Fahutan IPB ke XV tahun 2012 


Pewarta: Masnang
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2012