Kapuas Hulu (ANTARA) - Tim gabungan melakukan pemeriksaan kendaraan pelintas yang masuk ke Kabupaten Kapuas Hulu melalui transportasi darat di perbatasan Kabupaten Kapuas Hulu dan Kabupaten Sintang wilayah Kalimantan Barat.

"Pemeriksaan kendaraan dan barang bawaan pelintas dalam rangka pengamanan menghadapi perayaan Tahun Baru," kata Pelaksanaan tugas Danramil Silat Hilir Peltu Timur Edy, di Silat Hilir Kapuas Hulu, Selasa.

Disampaikan Timur, pengecekan dan pemeriksaan pelintas di wilayah teritori Koramil Silat Hilir bekerjasama dengan jajaran Polsek setempat dan semua pihak terkait, sebagai upaya mengantisipasi tindak kejahatan dan obat-obatan terlarang seperti narkoba menghadapi pergantian Tahun Baru.

Menurutnya, pemeriksaan itu dilaksanakan di Simpang Silat pada Pos Pelayanan Operasi Lilin Kapuas 2022, sebab Silat Hilir merupakan pintu masuk pelintas dari arah Pontianak ke wilayah Kapuas Hulu.

"Kami juga bersama petugas kesehatan memberikan pelayanan bagi pelintas yang memerlukan pengecekan kesehatan," katanya.

Dijelaskan Timur, jajaran TNI di Koramil juga membantu pengamanan Hari Raya Natal hingga Tahun Baru bersama kepolisian setempat.

Menurutnya, hingga saat ini situasi kondusif, perayaan Natal di perbatasan Kapuas Hulu dan Sintang berlangsung aman dan penuh rasa kekeluargaan.

Meskipun demikian dia, mengimbau agar masyarakat di wilayah teritorial Silat Hilir dapat bersama-sama menjaga keamanan dan ketertiban di tengah masyarakat.

Bagi pengendara yang melintasi Kecamatan Silat Hilir baik yang masuk ke wilayah Kapuas Hulu maupun yang ke luar kabupaten dan kota diharapkan mengutamakan keselamatan dalam berkendara.

"Kami dari TNI dan Polri mengimbau agar pengendara jangan ugal-ugalan, utamakan keselamatan, jika tidak memungkinkan untuk mengendarai kendaraan sebaiknya istirahat," katanya.
 
Tim gabungan melakukan pemeriksaan pelintas di Simpang Silat perbatasan Kabupaten Kapuas Hulu dan Kabupaten Sintang, wilayah Kapuas Hulu Kalimantan Barat. ANTARA/HO-Koramil Silat Hilir. (Teofilusianto Timotius)

Pewarta: Teofilusianto Timotius
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2022