Kalau kita (pemerintah) melihat dinamika perpolitikan Indonesia dalam pilkada maupun pemilu, kita sepertinya sudah paham
Jakarta (ANTARA) - Ragam peristiwa politik mewarnai pemberitaan nasional pada Selasa (27/12) kemarin mulai dari Panglima TNI dan Kapolri terima baret merah hingga kunjungan Presiden Joko Widodo ke Jawa Barat.

Berikut lima berita politik menarik kemarin yang dirangkum ANTARA:

 

1. Panglima TNI dan Kapolri terima brevet komando dari Kopassus

Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono dan Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo menerima baret merah dan brevet komando dari pasukan elite Komando Pasukan Khusus (Kopassus) TNI Angkatan Darat.

Brevet tersebut disematkan Danjen Kopassus Mayjen TNI Iwan Setiawan dalam upacara yang digelar di Lapangan Mako Kopassus, Cijantung, Jakarta Timur, Selasa.

Selengkapnya di sini

 

2. Moeldoko: Pemerintah paham dinamika tahun politik

Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko menekankan pemerintah memahami dinamika yang akan terjadi pada tahun politik, sehingga bisa menginstruksikan dan mengantisipasi ancaman yang akan hadir dan cara efektif menanganinya.

“Kalau kita (pemerintah) melihat dinamika perpolitikan Indonesia dalam pilkada maupun pemilu, kita sepertinya sudah paham,” ujar Moeldoko.

Selengkapnya di sini

 

3. KSP sampaikan laporan kinerja 2022 dan target kerja 2023

Kantor Staf Presiden menyampaikan laporan kinerja 2022 dan target kerja 2023 dalam acara catatan akhir dan awal tahun Kantor Staf Presiden bertema Siap Mengawal di Auditorium Perpustakaan Nasional, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta, Selasa.

"Pada hari ini KSP ingin menyampaikan catatan akhir tahun sekaligus target kerja pada tahun 2023," kata Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko dalam sambutannya di Jakarta, Selasa.

Selengkapnya di sini

 

4. Kemendagri sosialisasikan Indeks Kerawanan Pemilu 2024

Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menggelar sosialisasi terkait Indeks Kerawanan Pemilu (IKP) untuk Pemilihan Umum Serentak 2024.

"Langkah ini juga sebagai upaya untuk mengoptimalkan kesiapsiagaan dan kewaspadaan baik pemerintah pusat, daerah, dan seluruh pemangku kepentingan pemilu dalam menghadapi Pemilu Serentak Tahun 2024," kata Direktur Kewaspadaan Nasional Ditjen Polpum Kemendagri Sri Handoko Taruna di Jakarta Selasa.

Selengkapnya di sini

 

5. Presiden Jokowi tampung curahan kekhawatiran regenerasi petani

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menampung curahan hati kalangan petani di sela-sela peresmian Bendungan Sadawarna di Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, yang menyampaikan kekhawatiran tentang regenerasi profesi yang mereka jalani tersebut.

Seturut keterangan yang diterima di Jakarta, salah satu petani yang berkesempatan untuk berdialog dengan Presiden Jokowi menyampaikan bahwa mendorong regenerasi petani Indonesia adalah tugas bersama.

Selengkapnya di sini

 

 

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2022