Pekalongan (ANTARA) - Pemerintah Kota Pekalongan, Jawa Tengah, menyalurkan bantuan sosial berupa sayuran dan buah-buahan kepada masyarakat sebagai upaya mencegah kasus kekerdilan atau stunting pada anak.

Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kota Pekalongan Muadi di Pekalongan, Rabu, mengatakan bahwa kegiatan ini dalam rangka program intervensi penanganan stunting sekaligus sosialisasi penanganan dampak kekerdilan pada anak.

Baca juga: Pemkot Pekalongan gencarkan kampanye gemar makan ikan cegah stunting

"Angka pola pangan harapan (PPH) di daerah ini menunjukkan bahwa tingkat konsumsi sayur masyarakat masih rendah sedang konsumsi protein dari telur, ikan, dan daging sudah mencukupi," katanya.

Selain itu, kata dia, tujuan kegiatan penanganan stunting ini untuk mendorong masyarakat agar semakin giat mengonsumsi sayur.

Baca juga: Pemkot Pekalongan lakukan pendampingan ibu hamil cegah stunting

"Kami ingin meningkatkan skor PPH dalam hal konsumsi buah dan sayur. Bantuan sayur dan buah ini dipanen dari lahan milik pemkot dan kemudian kami didistribusikan pada warga," katanya.

Muadi berharap melalui bantuan ini dapat berimbas dan berkelanjutan ke kecamatan lain dalam penanganan stunting.

Camat Pekalongan Timur Darminto mengatakan pihaknya akan menyalurkan bantuan itu pada warga yang berhak menerima.

Baca juga: Pemkot Pekalongan apresiasi IIDI sosialisasi pencegahan stunting

"Tujuan bantuan ini untuk membantu penanganan stunting sehingga nantinya akan kami salurkan melalui kelurahan atau PKK. Kami berharap bantuan seperti ini bisa rutin dilakukan sehingga bisa membantu untuk menangani masalah stunting," katanya.

Pewarta: Kutnadi
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2022