Ini langkah strategis yang tidak hanya dalam perencanaan, tetapi berhasil diwujudkan oleh Presiden.
Jakarta (ANTARA) - Anggota Komisi IV DPR RI Daniel Johan mengapresiasi kinerja Presiden RI Joko Widodo telah membangun puluhan bendungan di Indonesia.

"Ini langkah strategis yang tidak hanya dalam perencanaan, tetapi berhasil diwujudkan oleh Presiden," katanya dalam keterangan tertulis di Jakarta, Sabtu pagi.

Menurut dia, bendungan yang dibangun Pemerintah akan membuat lahan pertanian subur dan memajukan pertanian nasional.

Dikatakan pula bahwa lahan yang subur tidak terlalu beri hasil yang optimal bila tidak disiapkan pengairan yang baik. Oleh karena itu, bendungan ini menjadi langkah penting dalam mengoptimalkan fungsi lahan sekaligus memajukan pertanian nasional.

Daniel berharap Presiden Jokowi terus melakukan pembangunan bendungan, khususnya di daerah-daerah Pulau Jawa.

Wakil rakyat ini sepakat dengan keinginan Pemerintah untuk menjadikan Indonesia sebagai lumbung pangan dunia. Hal ini mengingat bendungan sebagai infrastruktur untuk menjadikan Indonesia lumbung pangan dunia sudah tersedia, tinggal bagaimana lebih meningkatkan lagi hasil produksi.

Meski sudah ada puluhan bendungan yang siap beroperasi, Daniel meminta Pemerintah tetap melakukan kajian agar bendungan-bendungan ini tidak sia-sia.

Sebelumnya, Presiden RI Joko Widodo meresmikan Bendungan Semantok (Jawa Timur), Bendungan Sadawarna di Kabupaten Sumedang (Jawa Barat), dan Bendungan Beringin Sila Kabupaten Sumbawa (Nusa Tenggara Barat).

Bendungan Beringin Sila ini jadi yang ke-34 diresmikan oleh Presiden Jokowi. Masifnya pembangunan bendungan di seluruh wilayah Indonesia ini utamanya untuk ketahanan air dan ketahanan pangan nasional ke depan.

Presiden Jokowi menargetkan akan meresmikan 61 bendungan sampai 2024.

Baca juga: Presiden harap bendungan buat produktivitas padi NTB naik drastis
Baca juga: Presiden Jokowi resmikan Bendungan Beringin Sila di Sumbawa NTB
 

Pewarta: Fauzi
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2022