arus kendaraan dari arah Cisolok menuju Palabuhanratu sempat terhambat karena badan jalan tertutup batang pohon yang tumbang
Sukabumi, Jabar (ANTARA) - Hujan deras disertai angin kencang menyebabkan pohon ketapang berukuran besar tumbang di ruas jalur wisata Palabuhanratu-Cisolok tepatnya di Kampung Karangnaya Desa Cikakak Kecamatan Cikakak Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, pada Sabtu.

"Tidak ada korban jiwa pada peristiwa yang terjadi di Desa Cikakak ini, hanya saja arus kendaraan dari arah Cisolok menuju Palabuhanratu sempat terhambat karena badan jalan tertutup batang pohon yang tumbang," kata Petugas Penanggulangan Bencana Kecamatan (P2BK) Cikakak Agus Mahardika di Sukabumi, Sabtu.

Menurut Agus, pohon ketapang yang tumbang itu selain karena disapu angin kencang juga karena kondisinya sudah tua dan rapuh. Mendapat laporan adanya pohon tumbang di jalur wisata tersebut pihaknya langsung berkoordinasi dengan petugas terkait.

Lokasi pohon tumbang yang berdekatan dengan Pos Pengamanan Lilin Lodaya 2022, sehingga dengan cepat personel gabungan langsung melakukan penanganan dengan mengevakuasi batang pohon yang melintang di badan jalan itu.

Baca juga: Bencana tanah bergerak di Nyalindung Sukabumi rusak puluhan rumah

Baca juga: Jalur utama Sukabumi-Palabuhanratu sudah bisa dilalui kendaraan


Tim gabungan Polres Sukabumi, BPBD Kabupaten Sukabumi, Sarda Kabupaten, Basarnas Pos Sukabumi, Damkar Kabupaten Sukabumi serta unsur lain, dibantu masyarakat sekitar dengan cepat mengevakuasi pohon.

"Saat ini arus lalu lintas di Jalur Wisata Palabuhanratu-Cisolok sudah kembali normal, namun pihaknya tetap mengimbau warga maupun wisatawan untuk tetap waspada apalagi hingga pukul 16.00 WIB di wilayah kawasan objek wisata pantai selatan Kabupaten Sukabumi masih diguyur hujan deras," tambahnya.

Dari pantauan di lokasi kejadian, petugas gabungan masih bersiaga di lokasi dan memberikan imbauan kepada pengendara yang melintas untuk waspada dan tidak mengendarai kendaraan dengan kecepatan tinggi karena jalan licin karena basah oleh air hujan.

Baca juga: Longsor berdampak lalu lintas dari Sukabumi ke Palabuhanratu dialihkan

Baca juga: Petugas masih berupaya buka akses Sukabumi-Palabuhanratu yang longsor

Pewarta: Aditia Aulia Rohman
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2022