Bandung (ANTARA) - Situasi di sejumlah area publik dan jalan raya pusat Kota Bandung, Jawa Barat, mulai ramai dipadati masyarakat jelang malam pergantian Tahun Baru 2023, Sabtu.

Kapolrestabes Bandung Kombes Pol Aswin Sipayung mengatakan arus lalu lintas pun mulai menggeliat khususnya di Jalan Asia Afrika pada sore hari. Di samping itu, masyarakat pun menurutnya mulai memadati sekitar alun-alun dan sekeliling Museum Asia Afrika.

"Kondisi lalu lintas sudah mulai menggeliat ramai di Kota Bandung, walaupun belum sampai titik yang maksimal," kata Aswin saat meninjau keramaian di Jalan Soekarno.

Meski begitu, menurutnya situasi keramaian di Kota Bandung belum mencapai titik maksimal. Dia memprediksi keramaian mulai meningkat pada malam hari saat detik-detik pergantian tahun.

"Perkiraan yang kami anggap akan padat itu adalah Asia Afrika, Dago, kemudian jalur arah Lembang," kata Aswin.

Pada malam tahun baru ini, menurutnya kepolisian mengerahkan 1.200 personel yang dibantu oleh TNI, Dinas Perhubungan, hingga petugas-petugas lainnya.

Menurutnya sejak Sabtu pagi pihaknya telah mengatur seribuan personel itu untuk disiagakan di titik-titik yang berpotensi memerlukan pengaturan lalu lintas maupun pengamanan masyarakat.

"Kami selalu mengimbau kepada warga Bandung dan warga luar yang ke Bandung tetap menggunakan masker untuk mengantisipasi," kata dia.

Pewarta: Bagus Ahmad Rizaldi
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2022