Jakarta (ANTARA) - Perayaan malam pergantian tahun di seluruh dunia biasanya tak lepas dari pesta kembang api, atau makan malam bersama keluarga. Tak hanya itu, di Jerman, ternyata ada sejumlah tradisi yang dilakukan di malam tahun baru.

Laman DW pada Minggu melaporkan, tradisi pertama adalah biasanya warga menonton drama komedi Inggris berjudul "Dinner for One" di televisi. Tradisi ini sudah melekat sejak tahun 1963, dimana drama tersebut ditayangkan untuk pertama kalinya di negara tersebut.

Baca juga: Jerman punya hotel serba sosis

Lebih lanjut, warga Jerman biasanya menyediakan makanan ringan dan buffet di pesta malam tahun baru. Beberapa makanan khas malam pergantian tahun anata lain fondue atau raclette -- hidangan berbasis keju populer yang berasal dari Swiss. Biasanya dilengkapi dengan sampanye sebagai minuman pelengkap.

Hidangan malam tahun baru tradisional Jerman lainnya adalah ikan mas. Entah disajikan dengan dipanggang, digoreng atau dibakar, ikan ini dianggap sebagai salah satu jimat keberuntungan di pergantian tahun.

Bicara soal tahun baru pasti tak lepas dengan kembang api. Fakta menarik, di Jerman, orang menghabiskan lebih dari 100 juta euro (106 juta dolar AS) untuk membeli petasan dan roket kembang api.

Selain itu, resolusi tahun baru adalah tradisi lain yang juga ada di Jerman, bahkan dunia. Kebanyakan orang Jerman menginginkan lebih sedikit stres pada tahun 2023 dan lebih banyak waktu untuk diri mereka sendiri dan teman serta keluarga mereka, menurut survei Forsa.

Secara signifikan, lebih banyak orang daripada tahun sebelumnya yang mengatakan mereka berencana untuk hidup lebih hemat. Hal ini dinilai tidak mengherankan mengingat kenaikan besar dalam biaya dan perkembangan lainnya pada tahun 2022.

Resolusi klasik lainnya seperti "lebih banyak berolahraga", diikuti dengan "makan lebih sedikit daging". "Berhenti merokok" masuk ke dalam daftar terakhir, yang tidak mengherankan karena banyak orang Jerman yang sudah lama berhenti merokok.

Baca juga: Mengintip gelaran festival budaya "Culture meets Garden" di Jerman

Baca juga: Ingin liburan ke Jerman? Catat beberapa jalur bersepeda seru di sana

Baca juga: Jalan-jalan virtual menyusuri Jerman lewat situs ini

Penerjemah: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2023