Jakarta (ANTARA) - Pelabuhan Horgos, pelabuhan perbatasan di Daerah Otonom Uighur Xinjiang, China barat laut, telah menangani lebih dari 7.000 kereta barang China-Eropa sepanjang 2022, menurut otoritas kereta setempat.

Rata-rata jumlah harian kereta barang China-Eropa yang ditangani oleh pelabuhan tersebut tetap berada di atas angka 19 pada 2022, dengan jumlah harian tertinggi mencapai 27, kata pihak China Railway Urumqi Group Co., Ltd.

Pihak perusahaan menghubungkan popularitas layanan yang kian meningkat tersebut dengan volume transportasi yang besar, harga yang rendah, jaringan yang luas, serta stabilitas.

Sejak awal tahun 2022, kereta-kereta barang yang melewati pelabuhan tersebut mengangkut lebih dari 140 kategori barang ke China, termasuk mesin dan peralatan dari Jerman dan produk mineral dari Asia Tengah, ke sejumlah provinsi dan kota seperti Hebei, Henan, Jiangsu, Guangdong, Shanghai, dan Chongqing, menurut Bea Cukai Horgos.

Saat ini, 76 rute melewati Horgos, dengan barang yang diangkut mencakup lebih dari 200 kategori, termasuk garmen, kebutuhan sehari-hari, produk elektronik, dan suku cadang mekanis.
 

Pewarta: Xinhua
Editor: M Razi Rahman
Copyright © ANTARA 2023