Jakarta (ANTARA) - Meta Platforms membeli perusahaan kacamata pintar Luxexcel, yang diperkirakan aksi mereka untuk memperkuat teknologi augmented reality (AR).

TechCrunch pada Sabtu (31/12) mendapatkan kebenaran kabar itu dari Meta Platformss. Tapi, rincian mengenai akuisisi belum diketahui.

"Kami merasa senang karena tim Luxexcel bergabung dengan Meta, memperdalam kemitraan yang sudah terjalin diantara dua perusahaan," kata Meta.

Baca juga: Facebook dan Ray-Ban siapkan kacamata pintar

Beredar kabar bahwa Meta dan Luxexcel sudah bekerja sama untuk pengembangan teknologi augmented reality, yang diberi nama Project Aria.

Luxexcel adalah perusahaan berbasis di Belanda yang membuat kacamata pintar. Ketika berdiri pada 209, Luxexcel membuat lensa untuk kacamata yang diresepkan dokter.

Belakangan, mereka merambah ke pembuatan lensa pintar, yaitu lensa yang terintegrasi dengan teknologi seperti LCD dan hologram.

Pada September 2021, Mark Zuckerberg mengumumkan kerja sama dengan Ray-Ban yang juga untuk pengembangan kacamata pintar dengan teknologi AR. Ray-Ban saat itu membuat poster berisi ajakan mendaftar supaya mendapatkan notifikasi ketika produk siap diluncurkan.

Baca juga: Kacamata pintar Facebook disoroti otoritas Irlandia

Baca juga: Facebook diperiksa di Italia karena kacamata pintar

Baca juga: Google pamerkan kacamata pintar masa depan berkemampuan AR

Penerjemah: Natisha Andarningtyas
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2023