Jakarta (ANTARA) - Kereta Api (KA) Kertajaya dan KA Brantas dari Stasiun Senen, Jakarta mengalami keterlambatan pada puncak arus balik libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023, sehingga tidak dapat mengangkut penumpang berangkat pada Senin (2/1), dan penumpang dialihkan.

KA Brantas dijadwalkan berangkat pada pukul 13.30 WIB, sementara KA Kertajaya dijadwalkan berangkat pukul 14.10 WIB. Sejumlah penumpang KA Kertajaya dan KA Brantas terpaksa dialihkan dengan KA Gumarang, KA Jayakarta, dan KA Brantas pukul 18.30, menyesuaikan dengan relasi dan tujuan masing-masing.

"Menyesuaikan relasinya, karena keterlambatan tinggi," kata Kepala Humas PT KAI Daop 1 Jakarta Eva Chairunnisa di Jakarta, Senin.

Baca juga: KAI Purwokerto lakukan "oper stappen" penumpang KA Brantas Tambahan

Eva mengatakan sebagai bentuk kompensasi, KAI Daop 1 melayani pembatalan 100 persen pengembalian tiket, dan service recovery makanan dan minuman.

Salah satu penumpang KA Kertajaya, Silvana menyesalkan keterlambatan kereta yang ditumpanginya, karena jalur kereta tersebut terhalang banjir di wilayah Jawa Tengah.

Ia mengaku harus harus mengejar waktu untuk bersiap menghadapi Ujian Akhir Semester di Semarang keesokan harinya.

"Saya takutnya kalau dipindah keretanya, harus lewat jalur selatan yang bisa lebih lama sampai. Beberapa info yang saya dengar kemarin seperti itu," ujar Silvana.

Namun, kekhawatiran tersebut tidak terjadi. Sebab, Silvana mendapatkan ganti kursi di KA Brantas yang masih melintasi jalur pantai utara. Dirinya menunggu keberangkatan berikutnya pada pukul 18.30 WIB.

Kepala Stasiun Pasar Senen, Hendra turut menangani pergantian tiket bagi keterlambatan dua kereta tersebut.

Baca juga: Pengguna jasa KA jarak jauh dari Jakarta ramai sehari menjelang Natal

Baca juga: KAI luncurkan Hype Trip Taksaka, sasar penumpang milenial


Data Humas KAI Daop 1 Jakarta menyebutkan volume keberangkatan penumpang dari area Daop 1 Jakarta sudah mulai mendekati normal. Jumlah penumpang yang berangkat hari ini sebanyak 20.800.

Sebanyak 12.600 keberangkatan dari Stasiun Pasar Senen dengan layanan operasional 32 KA dan 8.200 lainnya keberangkatan dari Stasiun Gambir dengan layanan operasional 35 KA.

Peningkatan terjadi pada volume kedatangan setelah tahun baru pada tanggal 1 dan 2 Januari 2023. Dengan total volume yang tiba ,untuk tiket yang sudah dijual tujuan area Daop 1 Jakarta sebanyak 32.900 pada Minggu (1/1) dan 39 ribu pada Senin (2/1).

Pewarta: Devi Nindy Sari Ramadhan
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2023