Jakarta (ANTARA) - Petenis nomor dua dunia Rafael Nadal mengalami kekalahan dua kali berturut-turut dalam United Cup, Senin, sehingga kemunduran untuk persiapan menghadapi Australian Open.

Juara Grand Slam 22 kali dari Spanyol itu secara mengejutkan kalah pada pertandingan pembuka musimnya, Sabtu, dari peringkat 14 dunia Cameron Norrie.

Dia kembali kalah setelah memenangi set pertama dari petenis tuan rumah peringkat 24 dunia Alex De Minaur di Sydney dengan 3-6, 6-1, 7-5, termasuk kalah enam gim berturut-turut pada set kedua.

"Sejujurnya, saya tidak bisa lebih bahagia karena saya berhasil mendapatkan kemenangan pertama saya atas Rafa di lapangan ini, bukan rahasia lagi ini adalah lapangan favorit saya di dunia," kata De Minaur seperti dilaporkan AFP.

"Rafa adalah pesaing yang luar biasa dan apa yang telah dia lakukan untuk olahraga ini benar-benar mencengangkan, jadi saya merasa terhormat. Ini adalah mimpi yang menjadi kenyataan."

Pada set pertama, Nadal sempat melakukan kesalahan yang membuat De Minaur mendapat break point, namun petenis Australia tersebut tidak bisa menahan tekanan Nadal yang langsung membalas kesalahan yang dia lakukan.

Baca juga: Djokovic disambut meriah pada pertandingan pertamanya di Australia

Setelah awal yang lamban, petenis Spanyol itu menemukan alurnya, dan dengan pukulan keras merebut set tersebut.

De Minaur yang gagal pada servis pertamanya dalam set kedua mencoba bangkit, dan berhasil mengamankan enam gim berturut-turut untuk memaksa Nadal bermain dalam set penentu.

Pada set ketiga Nadal sering melakukan serangkaian kesalahan yang menjadi keuntungan bagi De Minaur untuk memenangi pertandingan ini.

United Cup adalah turnamen tim campuran putra dan putri yang menampilkan 18 negara untuk bermain di Sydney, Brisbane, dan Perth.

Pemenang dari dua grup dari masing-masing kota akan melaju ke babak final kota, Rabu. Tim yang lolos dari babak tersebut akan masuk empat besar.

Baca juga: Abaikan politik, Medvedev ingin fokus di event awal musim Australia

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2023