Jakarta (ANTARA) - Beragam peristiwa bidang politik terjadi di Indonesia pada Senin (2/1), mulai dari Resolusi 2023 Presiden Jokowi: Indonesia tak terimbas resesi global, hingga Jokowi: Tunggu saja soal "reshuffle" kabinet.

Berikut sajian berita bidang politik yang dirangkum LKBN ANTARA.


Resolusi 2023 Presiden Jokowi: Indonesia tak terimbas resesi global

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan bahwa harapan agar Indonesia tidak terkena imbas resesi global sebagai resolusi untuk tahun 2023, demikian disampaikan di sela-sela meninjau Pasar Tanah Abang, Jakarta, Senin.

"Ya, kita berharap Indonesia tidak terkena imbas resesi global. Itu saja," kata Presiden kepada awak media selepas peninjauan.

Selengkapnya baca di sini.


Kemendagri minta kepala daerah dukung dan fasilitasi Pemilu 2024

Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) meminta kepala daerah baik gubernur, bupati, maupun wali kota untuk mendukung dan memfasilitasi tahapan penyelenggaraan Pemilu 2024.

"Hal itu ditegaskan Kemendagri melalui Surat Edaran Nomor 900.1.9/9095/SJ tentang Dukungan dan fasilitasi pemerintah daerah dalam tahapan penyelenggaraan Pemilu 2024," kata Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kemendagri Suhajar Diantoro dalam keterangannya diterima di Jakarta, Senin.

Selengkapnya baca di sini.


Sandiaga sebut masih harmonis dengan Gerindra di tengah isu gabung PPP

Politisi Partai Gerindra Sandiaga Uno menyebut dirinya masih memiliki hubungan baik, sinergis, dan harmonis dengan partainya meskipun tengah diterpa isu di ambang bergabung ke Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

"(Hubungan dengan Gerindra) sangat baik, sinergis, harmonis. Saya juga terus berhubungan sama dengan teman-teman pimpinan Gerindra," kata Sandiaga kepada awak media di lingkungan Istana Kepresidenan Jakarta, Senin.

Selengkapnya baca di sini.


Anggota DPR menilai pencabutan PPKM berdampak positif pada ekonomi

Wakil Ketua Komisi VII DPR Eddy Soeparno menilai keputusan Presiden Joko Widodo menghentikan kebijakan PPKM akan berdampak positif terhadap pertumbuhan ekonomi nasional.

"Melihat pertumbuhan dan resiliensi ekonomi di 2022, saya optimis bisa mencapai target dengan catatan inflasi terkendali, penyebaran COVID-19 bisa ditekan dan kondisi politik stabil di tahun jelang pemilu ini," kata Eddy Soeparno di Jakarta, Senin.

Selengkapnya baca di sini.


Jokowi: Tunggu saja soal "reshuffle" kabinet

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mengatakan semua pihak agar menunggu saja soal kemungkinan perombakan atau “reshuffle” Kabinet Indonesia Maju pada awal 2023.

“Ya tunggu saja,” ujar Jokowi singkat di Pasar Tanah Abang, Jakarta, Senin.

Selengkapnya baca di sini.

Pewarta: Putu Indah Savitri
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2023