Jakarta (ANTARA) - Sejumlah informasi terkait ekonomi makro dan keuangan mewarnai pemberitaan terpopuler pada kanal ekonomi Antaranews.com pada Senin kemarin (2/1/2023).

Berita mulai dari Presiden Jokowi yang membuka perdagangan bursa, kinerja pasar modal 2023, hingga inflasi nasional sepanjang 2022 yang tercatat 5,51 persen dapat Anda baca untuk melengkapi wawasan hari ini.

Berikut berita-berita ekonomi terpopuler selengkapnya.


Presiden Jokowi buka perdagangan bursa

Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi membuka perdagangan Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2023 tepat pukul 09.00 WIB pada Senin (2/1/2023).

Ia mengapresiasi pertumbuhan perdagangan saham pada 2022. Kapitalisasi pasar, lanjutnya, telah tumbuh 15 persen hingga mencapai Rp9.499 triliun. Pencapaian tersebut, katanya, merupakan pencapaian yang besar karena diperoleh di tengah-tengah turbulensi ekonomi global pada 2022.

Baca selengkapnya di sini.


Sri Mulyani: Kinerja pasar modal RI bekal bagus memasuki 2023

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyatakan bahwa kinerja pasar modal Indonesia yang sangat positif pada 2022 menjadi bekal yang bagus untuk memasuki 2023 di tengah suasana ekonomi dan keuangan yang masih menantang.

Kapitalisasi pasar Indonesia mencapai angka Rp9.500 triliun atau 600 miliar dolar AS yang artinya 50 persen terhadap PDB Indonesia.

Baca selengkapnya di sini.


LPS perkuat ketenangan publik

Wakil Ketua DPR RI Bidang Koordinasi Industri dan Pembangunan (Korinbang) Rachmat Gobel mengatakan kehadiran Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) memperkuat ketenangan publik terhadap layanan keuangan dan perbankan di Indonesia.

"Jadi jika mau pinjam atau investasi, lihat dulu sudah dijamin LPS atau belum. Jika ada maka aman," ujarnya.

Baca selengkapnya di sini.


Inflasi RI selama 2022 capai 5,51 persen

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat inflasi sepanjang tahun 2022 mencapai 5,51 persen atau terjadi peningkatan Indeks Harga Konsumen (IHK) dari 107,66 pada Desember 2021 menjadi 113,59 pada Desember 2022.

“Secara tahunan pada Desember 2022 seluruh kota IHK mengalami inflasi, dengan inflasi tertinggi terjadi di Kotabaru sebesar 8,65 persen dan terendah di Sorong sebesar 3,26 persen," kata Kepala BPS Margo Yuwono.

Baca selengkapnya di sini.


OJK minta perusahaan asuransi hindari praktik perang tarif

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) meminta perusahaan asuransi untuk menghindari praktik persaingan usaha secara tidak sehat dalam bentuk perang tarif dan menjalankan praktik underwriting secara bijaksana.

Wakil Ketua Dewan Komisioner OJK Mirza Adityaswara meminta perusahaan asuransi untuk menjalankan strategi investasi secara bijaksana dengan dilengkapi kajian yang komprehensif dan analisis fundamental dalam menentukan valuasi atas aset investasi tertentu, khususnya yang ditransaksikan di pasar modal.

Baca selengkapnya di sini.

Pewarta: Sugiharto Purnama
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023