Jakarta (ANTARA) - Sebanyak 724 karya jurnalistik siap berkompetisi di ajang Anugerah Jurnalistik Adinegoro 2022. Jumlah karya jurnalistik yang masuk untuk diperlombakan pada tahun ini dikatakan Ketua Panitia Tetap Anugerah Jurnalistik Adinegoro Rita Sri Hastuti mengalami peningkatan dibandingkan saat awal pandemi COVID- 19.

"Awal pandemi tahun 2020 sempat drop hingga 583 pendaftar," kata Rita melalui keterangan resminya dikutip pada Rabu.

Proses penjurian final berlangsung selama bulan Desember 2022 secara hibrida (daring dan luring) dari sekretariat Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat, Jakarta.

Baca juga: PWI undang wartawan kirim karya untuk Anugerah Jurnalistik Adinegoro

Tahun ini kategori yang diperlombakan ditambah liputan berkedalaman untuk video di media sosial. Enam kategori lainnya seperti liputan berkedalaman untuk media cetak, liputan berkedalaman untuk media siber, liputan berkedalaman untuk media televisi, liputan berkedalaman untuk media radio, foto berita untuk media cetak dan media siber, serta karikatur opini untuk media cetak dan media siber.

Adapun komposisi jumlah pendaftar Anugerah Jurnalistik Adinegoro 2022 dengan rincian 34 persen adalah karya media siber, lima persen radio, 17 persen media cetak, 13 persen media televisi, 14 persen karikatur opini, delapan persen foto jurnalistik, dan sembilan persen karya jurnalistik video.

Karya-karya yang masuk tersebut telah melewati proses seleksi berdasarkan kelengkapan administrasi, lalu masuk ke tahap penjurian oleh dewan juri dari tokoh pers, pengamat, dan akademisi yang menguasai bidang jurnalistik sesuai kriteria penilaian dan bekerja secara profesional.

Rita mengatakan para dewan juri masing-masing kategori telah melaksanakan tugas mereka dengan sangat baik. Karya-karya yang menang diseleksi melalui proses penilaian yang terbilang detail.

"Dengan perdebatan yang seru di antara masing-masing juri," ujar Rita.

Panitia menyediakan Hadiah Rp30 juta beserta Trofi Anugerah Jurnalistik Adinegoro 2022, serta Piagam Penghargaan dari PWI Pusat/Panitia HPN 2023.

Penghargaan Anugerah Jurnalistik Adinegoro 2022 akan diserahkan kepada para pemenang di depan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) bertepatan acara puncak Hari Pers Nasional 9 Februari 2023 di Medan, Sumatera Utara.

Baca juga: Deretan Pemenang Anugerah Jurnalistik Adinegoro 2021

Baca juga: Pewarta Foto ANTARA raih Anugerah Jurnalistik Adinegoro 2021

Baca juga: PWI kembali gelar anugerah jurnalistik Adinegoro

Pewarta: Maria Cicilia Galuh Prayudhia
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2023