GOTHENBURG, Swedia, 16 September 2012 (ANTARA/PRNewswire) --

Teknologi Terkemuka bagi Pengemudi yang akan Mengurangi Kecelakaan Lalu Lintas di Jalan dan Meningkatkan Efisiensi Bahan Bakar Dapat Diterapkan di Jalan-jalan di Eropa Dalam satu Dekade

     Uji kendara terbaru menandai bagian terakhir dalam proyek berjangka waktu tiga tahun yang telah menghasilkan perkembangan langkah berikutnya dalam teknologi mengemudi sendiri. Sejak tahun 2009, Volvo Car Corporation telah menjadi kekuatan pendorong proyek yang didanai Uni Eropa, SARTRE (Safe Road-Trains for the Environment), yang membawa teknologi platooning kendaraan selangkah lebih dekat lagi menjadi kenyataan di jalan-jalan Eropa.

     Untuk melihat Siaran Berita Multimedia, silakan klik:

     http://www.multivu.com/mnr/56600-volvo-car-corporation

     Platooning kendaraan bertujuan meningkatkan keselamatan, efisiensi, jarak tempuh, dan waktu tempuh serta mengurangi kemacetan lalu lintas dan mengurangi polusi. Teknologi ini - yang bisa dilihat di jalan raya  dalam satu dekade - memungkinkan pengemudi untuk bergabung dalam 'road train' yang dipimpin oleh salah satu pengemudi profesional. Setiap mobil mengukur jarak, kecepatan dan arah dan menyesuaikan dengan mobil di depannya. Semua kendaraan yang benar-benar terpisah dan dapat meninggalkan iring-iringan setiap saat. Setelah dalam keadaan platoon, pengemudi dapat bersantai dan melihat pemandangan, membaca atau menyelesaikan pekerjaan sementara platoon terus berjalan menuju tujuan. SARTRE adalah satu-satunya proyek yang fokus pada pengembangan teknologi yang dapat diterapkan di jalan raya konvensional tanpa mengubah infrastruktur saat ini.

     Volvo Car Corporation memprediksi jenis teknologi ini akan membuat peningkatan yang signifikan atas arus lalu lintas dan waktu perjalanan, serta manfaat lingkungan dengan potensi penghematan energi hingga 20% dalam perjalanan. Selain itu SARTRE menawarkan manfaat keamanan yang signifikan. Meskipun kematian akibat kecelakaan lalu lintas di jalan-jalan Eropa ini telah menurun selama dekade terakhir, masih ada cara yang harus ditempuh dengan laporan terbaru yang mengungkapkan bahwa lebih dari 30.000 kematian pada tahun 2011 terjadi di jalan-jalan di negara Uni Eropa[1]. Pembuat mobil Swedia telah berjanji bahwa pada tahun 2020 mereka akan mengeliminasi kematian atau cedera serius dengan mobil Volvo dan teknologi baru yang dikembangkan sebagai bagian dari proyek SARTRE yang membawa perusahaan selangkah lebih dekat untuk menerapkan keinginan tersebut.

     Visi jangka panjang proyek SARTRE telah menciptakan sistem transportasi di mana pemesanan, penggabungan dan pemisahan road train akan menjadi pengalaman yang lebih mudah daripada meninggalkan mobil Anda dan menggunakan transportasi umum pada perjalanan jarak jauh. Dengan demo akhir teknologi ini di jalan, proyek ini telah ditetapkan untuk menggerakkan langkah penting dengan undang-undang yang disahkan agar teknologi revolusioner ini dapat diterapkan di jalan-jalan Eropa.

     Berbicara tentang proyek SARTRE, Máire Geoghegan-Quinn, Komisioner Eropa untuk Penelitian dan Inovasi mengatakan:

     "Teknologi ini adalah contoh yang menjanjikan dalam pendekatan inovatif untuk membuat transportasi yang lebih ramah lingkungan, lebih aman dan lebih cerdas. Terkadang kita perlu melihat di luar bisnis yang biasa untuk menemukan solusi berkelanjutan. Itulah sebabnya kami telah mengusulkan hampir 7 miliar euro untuk penelitian transportasi yang cerdas, ramah lingkungan dan terintegrasi dalam program penelitian kami di masa depan, Horizon 2020.

     Masa depan mengemudi akan segera menjadi kenyataan.

     Untuk informasi lebih lanjut, atau untuk mengajukan wawancara, silakan hubungi:
     gordon.cherrington@uk.ogilvypr.com
     Telepon tetap: +44-207-309-1007 / +44-774-700-8310

--------------------------------------------------

     1. http://ec.europa.eu/transport/road_safety/specialist/statistics/index_en.htm

     Sumber: Volvo Car Corporation

Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2012