Peserta umumnya mengamati bahwa sikap kebijakan restriktif perlu dipertahankan sampai data yang masuk memberikan keyakinan bahwa inflasi berada pada jalur penurunan ...
Washington (ANTARA) - Suku bunga yang lebih tinggi akan tetap berlaku sampai Federal Reserve AS yakin bahwa lonjakan inflasi berada di jalur menuju stabilitas, menurut ringkasan pertemuan Fed yang dirilis minggu ini.

Rangkumannya adalah dari pertemuan Fed pada Desember, yang memperlihatkan kenaikan suku bunga sebesar setengah poin persentase yang mengikuti beberapa kenaikan suku bunga lainnya dari bulan-bulan sebelumnya.

"Peserta umumnya mengamati bahwa sikap kebijakan restriktif perlu dipertahankan sampai data yang masuk memberikan keyakinan bahwa inflasi berada pada jalur penurunan yang berkelanjutan hingga 2,0 persen," menurut ringkasan yang dirilis di situs web Fed.

Perkembangan seperti itu "kemungkinan akan memakan waktu," kata ringkasan itu.

Baca juga: Saham Eropa dibuka turun, risalah Fed lemahkan harapan perubahan

Amerika Serikat mengalami inflasi terburuk dalam 40 tahun, dan bank sentral menaikkan suku bunga beberapa kali tahun lalu dalam upaya memenuhi mandat Fed untuk menjaga inflasi sebesar 2,0 persen.

Sepanjang tahun hingga November, harga grosir AS melonjak menjadi sekitar 12 persen, peningkatan yang tidak terlihat dalam beberapa dekade.

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2023