Jakarta (ANTARA) - Jayson Tatum meraup triganda 29 poin, 14 rebound, dan 10 assist untuk mengantarkan Boston Celtics menghentikan rentetan kemenangan Dallas Mavericks dan mempecundangi tuan rumah 124-95 dalam gim lanjutan NBA di American Airlines Center, Texas, Jumat WIB.

Triganda kedua Tatum sepanjang karier di NBA itu praktis menyokong Celtics untuk bangkit dari dua kekalahan beruntun, termasuk skor telak 117-150 di kandang Oklahoma City Thunder dua hari yang lalu, demikian catatan situs resmi NBA.

Jaylen Brown menambahkan 19 poin, Marcus Smart dan Malcolm Brogdon masing-masing mencetak 15 poin, Grant Williams menyumbang 12 poin, dan Derrick White melengkapi lewat 10 poin.

Baca juga: Celtics bikin Nets tertunduk di kandang sendiri

Kemenangan Celtics juga tidak lepas dari keberhasilan mereka meredam daya ledak bintang Mavericks, Luka Doncic, yang untuk pertama kalinya dalam tujuh gim terakhir gagal mencapai angka kepala tiga.

Doncic hanya "diizinkan" mencetak 23 poin setelah mencatatkan tingkat konversi tembakan terbuka 30,4 persen dan tak sekali pun mampu melesakkan tripoin dari enam percobaan sepanjang pertandingan.

Kendati demikian, Doncic tetap jadi pendulang angka terbanyak Mavericks sebab sumbangsih lainnya hanya berupa 18 poin dari Spencer Dinwiddie, 15 poin milik Jaden Hardy, dwiganda 12 poin dan 12 rebound oleh Christian Wood, serta 10 poin yang dicetak Dwight Powell.

Malam tembakan yang buruk bagi Doncic memaksa pelatih kepala Jason Kidd mengistirahatkan sang bintang sepanjang kuarter keempat, di mana Celtics meraup 35 poin tambahan untuk memantapkan kemenangan mereka 124-95 atas Mavericks.

Kedua tim dijadwalkan melakoni pertandingan selanjutnya pada Minggu (8/1) WIB saat Mavericks menjamu New Orleans Pelicans dan Celtics bertandang ke AT&T Center menghadapi San Antonio Spurs.

Baca juga: Grizzlies menang lima gim beruntun seusai redam momentum Magic

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2023