Salah seorang ABK Aris Catur Hardian yang terjatuh ditemukan selamat
Cirebon (ANTARA) - Tim SAR melakukan pencarian anak buah kapal (ABK) KM Bahari Nusantara I yang terjatuh dan hilang di perairan Karangsong, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, saat akan berangkat mencari ikanpada Jumat (6/1).

"Kami menerima laporan adanya dua ABK yang terjatuh di perairan Karangsong, di mana satu orang dilaporkan hilang," kata Kepala Kantor SAR Bandung Jumaril melalui pesan tertulis yang diterima di Cirebon, Sabtu.

Jumaril mengatakan pihaknya menerima informasi dari Polairud Polres Indramayu, terkait laporan dua ABK KM Bahari Nusantara I dilaporkan terjatuh di Perairan Karangsong, Indramayu pada Jumat (6/1) sekitar pukul 10.30 WIB.

Menurutnya berdasarkan informasi tersebut, KM Bahari Nusantara dinahkodai oleh Agus berangkat dari perairan Karangsong, pukul 06.00 WIB menuju laut Jawa dengan tujuan mencari ikan.

Baca juga: Tim SAR cari remaja terseret arus Pantai Mekarsari Indramayu

Baca juga: Perahu bocor, tim SAR gabungan cari nelayan Indramayu yang hilang


Kemudian setelah dua jam perjalanan dari Karangsong, anggota kapal KM Bahari Nusantara I baru menyadari bahwa dua ABK atas nama Aris Catur Hadian (20) dan Abang Wahyu Perdana (30) tidak berada di atas kapal.

"Selanjutnya nahkoda memutuskan melakukan pencarian dan kembali ke Karangsong serta melaporkan kejadian tersebut ke Polairud Karangsong. Namun saat melaporkan kejadian di Polairud,  salah seorang ABK Aris Catur Hardian yang terjatuh dari KM Bahari Nusantara I ditemukan dalam keadaan selamat," tuturnya.

Sementara satu korban lain atas nama Abang Wahyu Perdana hingga saat ini belum ditemukan, untuk itu Kantor SAR Bandung memberangkatkan satu tim rescue dari Pos SAR Cirebon menuju Pelabuhan Karangsong untuk melakukan koordinasi awal dengan Satpolair Polres Indramayu.

Ia menambahkan saat ini pihaknya bersama Tim SAR gabungan dari Basarnas, TNI, Polri, dan juga nelayan melaksanakan pencarian di sekitar lokasi kejadian.

"Kami melanjutkan pencarian pada hari ini, bersama unsur SAR lainnya," katanya.

Baca juga: Cari 17 korban kecelakaan laut di Perairan Indramayu, SAR diterjunkan

Baca juga: Basarnas Bandung siaga di kawasan wisata pantai

Pewarta: Khaerul Izan
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2023