satu pasien COVID-19 di Kabupaten Karimun dan Kabupaten Lingga dinyatakan sembuh sehingga kedua daerah tersebut nihil kasus aktif
Tanjungpinang, Kepri (ANTARA) - Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Provinsi Kepulauan Riau mencatat jumlah pasien COVID-19 di wilayah itu tinggal sembilan orang, dengan rincian Kota Tanjungpinang tiga orang dan Kabupaten Bintan enam orang.

Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Kepri Tjetjep Yudiana di Tanjungpinang, Sabtu, mengatakan satu pasien COVID-19 di Kabupaten Karimun dan Kabupaten Lingga dinyatakan sembuh sehingga kedua daerah tersebut nihil kasus aktif. Selain itu, dua warga Bintan juga dinyatakan sembuh dari COVID-19.

Sebelumnya, Kabupaten Kepulauan Anambas, Kabupaten Lingga dan Kota Batam nihil kasus aktif COVID-19.

Meski jumlah pasien yang sembuh mencapai empat orang, berdasarkan laporan harian Satgas Penanganan COVID-19, satu orang pasien di Tanjungpinang meninggal dunia setelah menjalani perawatan intensif.

"Kabar baiknya, lima daerah di Kepri nihil kasus aktif COVID-19, dan dalam beberapa hari ini tidak ada penambahan kasus baru. Mudah-mudahan sembilan orang pasien COVID-19 di Bintan dan Tanjungpinang segera pulih," kata mantan Kepala Dinas Kesehatan Kepri itu.

Baca juga: Gubernur: Warga Kepri harus tetap patuhi prokes meski PPKM dicabut

Baca juga: Legislator Kepri minta pemerintah vaksin booster 2 petugas pelabuhan


Tjetjep mengemukakan penghapusan pembatasan sosial tidak memberi efek negatif terhadap Kepri sejak diberlakukan kebijakan tersebut. Justru sebaliknya, pasien COVID-19 semakin berkurang, dan tidak ada kasus baru sampai sekarang.

"Penghapusan pembatasan sosial memberi dampak positif. Aktivitas masyarakat meningkat, perekonomian bergerak cepat sementara kasus aktif menurun," ujarnya.

Kepala Dinas Kesehatan Kepri Muhammad Bisri mengatakan kasus aktif yang hampir nihil di Kepri itu disebabkan kekebalan tubuh masyarakat meningkat.

Berdasarkan hasil penelitian Kemenkes, sistem kekebalan tubuh masyarakat Kepri mencapai 90 persen, jauh lebih tinggi dibanding rata-rata nasional.

Rata-rata imunitas masyarakat terbentuk setelah menerima vaksinasi COVID-19, meski ada juga sistem kekebalan tubuh mereka terbentuk secara alami setelah berhasil sembuh dari COVID-19.

"Pola hidup sehat dan mengonsumsi ikan setiap hari juga meningkatkan imunitas secara alami," ujarnya.

Baca juga: 519.504 warga Batam telah divaksinasi COVID-19 dosis penguat

Baca juga: Satgas: Kasus baru positif COVID-19 muncul lagi di Lingga-Kepri

 

Pewarta: Nikolas Panama
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2023