Jakarta (ANTARA) - Beragam peristiwa menarik terkait kebijakan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta dan isu perkotaan lainnya terjadi sepanjang Minggu (8/1).

Mulai dari larangan delman di wilayah Monas hingga uji feses kuda untuk kesehatan publik. Berikut pilihan berita terkait peristiwa perkotaan kemarin:

1. Kusir mengaku tak diajak diskusi soal larangan delman di Monas

Jakarta (ANTARA) - Puluhan kusir delman yang beroperasi di kawasan Monumen Nasional (Monas) mengaku tidak pernah diajak diskusi atau sosialisasi oleh Pemerintah Kota Jakarta Pusat perihal larangan delman di salah satu destinasi Ibu Kota tersebut.

Koordinator Delman Monas Nanang mengungkapkan kekecewaannya terhadap keputusan Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Pusat yang dinilai sepihak terhadap larangan delman beroperasi di kawasan Monas dan Jalan MH. Thamrin hingga Bundaran HI.
baca di sini
 
Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) Jakarta Pusat mengambil sampel feses kuda delman di Jalan Merdeka Selatan, Jakarta, Minggu (8/1/2023). (ANTARA/Mentari Dwi Gayati)
2. Pemkot Jakpus atur operasi delman tiap Sabtu-Minggu selama delapan jam

Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Kota Jakarta Pusat mengeluarkan kebijakan delman sebagai kendaraan wisata kawasan Monumen Nasional (Monas) hanya boleh beroperasi setiap Sabtu dan Minggu selama delapan jam.

Pelaksana tugas (Plt) Wakil Wali Kota Jakarta Pusat Iqbal Akbarudin menjelaskan tidak ada larangan keberadaan delman di kawasan Monas dan Jalan Medan Merdeka, namun perlu ada pengaturan agar dapat beriringan dengan kendaraan bermotor lainnya sebagai pengguna jalan.
baca di sini

3. Pemkot Jakpus uji sampel feses kuda Monas jamin kesehatan publik

Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Kota Jakarta Pusat melakukan uji sampel feses kuda delman yang beroperasi di kawasan Monumen Nasional (Monas) dan Jalan Medan Merdeka guna menjamin kesehatan publik selaku pengguna.

Pelaksana Tugas (Plt) Wakil Wali Kota Jakarta Pusat Iqbal Akbarudin menjelaskan uji sampel tersebut dilakukan oleh tim dokter dari Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (KPKP) Jakarta Pusat.
baca di sini
 

Pewarta: Walda Marison
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2023