Saya cek banjirnya sudah surut ya, tapi saya minta Dinas Pusdataru untuk segera turun dan memperbaiki tanggul, karena itu kurang tinggi
Brebes (ANTARA) - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo membantu perbaikan rumah warga korban bencana banjir bandang yang terjadi Rabu (4/1) akibat luapan Sungai Cibiyuk di Kabupaten Brebes.

Bantuan perbaikan rumah warga yang rusak tersebut disampaikan Ganjar saat mengecek penanganan dampak banjir di Desa Jatibarang Kidul dan Desa Kemiriamba, Kecamatan Jatibarang Kabupaten Brebes, Senin.

Ganjar juga meninjau rumah-rumah warga yang roboh diterjang banjir sekaligus melihat kondisi sungai yang sangat dekat dengan pemukiman warga yang belum ditanggul.

“Saya cek banjirnya sudah surut ya, tapi saya minta Dinas Pusdataru untuk segera turun dan memperbaiki tanggul, karena itu kurang tinggi. Kalau tanggul diperbaiki maka wilayah kampung ini bisa aman. Selain itu, saya minta juga penghijauan di wilayah hulu digiatkan lagi,” kata Ganjar.

Orang nomor satu di Jateng itu mengungkapkan, berdasarkan laporan kepala desa tercatat ada 30 rumah warga yang rusak akibat banjir bandang itu.

Baca juga: Kementerian Sosial bantu bocah penderita epilepsi di Brebes

Baca juga: BKKBN kerahkan 5.900 personel dorong vaksinasi COVID-19 di Brebes


"Akan kami perbaiki, yang rusak ringan dan sedang akan dibantu dari Kabupaten Brebes, nanti yang rusak berat akan kami bantu dari Pemprov Jateng, tinggal nanti didata dan diusulkan," ujarnya.

Selain itu, Ganjar juga meminta kepala desa mendata anak-anak yang kehilangan peralatan sekolah seperti seragam, buku, sepatu yang hanyut atau rusak karena banjir.

"Saya minta didata berapa anak sekolah yang kehilangan peralatannya, tadi saya lihat ada yang gak sekolah karena nggak punya seragam. Dan yang paling penting saya minta ke kades agar memastikan suplai logistik tidak boleh kurang," tegasnya.

Saat di Desa Kemiriamba, Ganjar mengecek talud sungai yang jebol yang sudah dibuat tanggul sementara menggunakan karung berisi pasir.

Mantan Anggota DPR RI itu meminta agar anggaran perbaikan tanggul segera diajukan dan dibangun permanen agar warga sekitar aman.

Baca juga: Ganjar Pranowo pastikan kebutuhan logistik korban banjir terpenuhi

Baca juga: Gubernur Jateng apresiasi penanganan pengungsi banjir di Pekalongan


Pewarta: Wisnu Adhi Nugroho
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2023