Jakarta (ANTARA) - Perjalanan normal antara China Daratan dan Hong Kong kembali dilanjutkan setelah berbagai titik kontrol yang menghubungkan Shenzhen dan Hong Kong kembali dibuka pada Minggu (8/1) pagi waktu setempat.

Pembukaan kembali titik kontrol perbatasan Shenzhen-Hong Kong secara progresif dan tertib tersebut menandai langkah pertama dimulainya kembali pertukaran personel secara normal antara China Daratan dan Hong Kong selama tiga tahun terakhir.
 
Seorang pelancong dari Hong Kong berpose untuk difoto di luar aula kedatangan titik kontrol Teluk Shenzhen di China selatan pada 8 Januari 2023. (Xinhua/Mao Siqian)
 
Seorang pelancong dari Hong Kong berpose untuk difoto di luar aula kedatangan titik kontrol Teluk Shenzhen di China selatan pada 8 Januari 2023. (Xinhua/Mao Siqian)
 
Bus lintas batas memasuki China Daratan di titik kontrol Teluk Shenzhen di China selatan pada 8 Januari 2023. (Xinhua/Mao Siqian) Sejumlah pelancong dari Hong Kong memasuki China Daratan di Pelabuhan Zhuhai melalui Jembatan Hong Kong-Zhuhai-Makau di China selatan pada 8 Januari 2023. (Xinhua/Liu Dawei)
 
Sejumlah pelancong dari Hong Kong memasuki China Daratan di Pelabuhan Zhuhai melalui Jembatan Hong Kong-Zhuhai-Makau di China selatan pada 8 Januari 2023. (Xinhua/Liu Dawei)
 
Sejumlah sukarelawan membantu para pelancong menunjukkan surat keterangan sehat mereka melalui ponsel di titik kontrol Futian di Shenzhen, Provinsi Guangdong, China selatan, pada 8 Januari 2023.  (Xinhua/Liang Xu)
 
Sejumlah pelancong dari Hong Kong mengantre untuk memasuki China Daratan di titik kontrol Futian di China selatan pada 8 Januari 2023. (Xinhua/Liang Xu)

 

Pewarta: Xinhua
Editor: M Razi Rahman
Copyright © ANTARA 2023