Hanoi, Vietnam (ANTARA) - Tim nasional Indonesia tertinggal dengan skor 0-1 dari Vietnam pada babak pertama laga leg kedua semifinal Piala AFF 2022 di Stadion Nasional My Dinh, Hanoi, Senin malam.

Indonesia, yang tertekan oleh serangan tuan rumah sejak menit awal, kebobolan ketika laga baru berjalan tiga menit lewat sepakan Nguyen Tien Linh.

Tien Linh melesakkan gol keempatnya di Piala AFF 2022 itu dengan memanfaatkan umpan lambung jarak jauh dari gelandang Do Hung Dung.

Skuad "Garuda" yang hanya membutuhkan hasil imbang dengan gol untuk melaju ke final Piala AFF 2022 berusaha untuk mengejar ketinggalan.

Baca juga: Shin Tae-yong turunkan lima bek kontra Vietnam di Hanoi

Sebuah serangan berujung pada tendangan sudut pada menit ke-13, tetapi bek tengah Indonesia Jordi Amat gagal memanfaatkan eksekusi bek kiri Pratama Arhan. Sundulannya melambung di atas gawang Vietnam.

Setelah itu, kedua tim berupaya untuk terus berbalas serangan. Pertandingan pun berjalan semakin ketat sehingga beberapa kejadian provokasi dan pelanggaran terjadi.

Bek Bui Tien Dung mendapatkan kartu kuning pada menit ke-24 karena memprovokasi pemain Indonesia di kotak penalti Vietnam.

Kemudian, Asnawi Mangkualam memperoleh kartu kuning karena dianggap melanggar Doan Van Hau. Saat pelanggaran ini terjadi, pelatih Park Hang-seo yang marah nyaris masuk ke lapangan.

Baca juga: Jordi Amat tidak ragukan kualitas lini serang Indonesia

Gesekan kembali terjadi pada menit ke-38 antara Asnawi dan Doan dan sempat memancing emosi pemain Indonesia lain. Namun, kali ini, Doan yang menerima kartu kuning.

Tidak ada gol tambahan saat laga memasuki jeda. Vietnam sementara unggul 1-0 atas Indonesia.

Berikut susunan pemain sebelas pertama dari kedua tim.

Vietnam: Dang Van Lam-pg, Que Ngoc Hai, Bui Tien Dung, Doan Van Hau, Ho Tan Tai, Nguyen Thanh Chung, Do Hung Dung (kapten), Nguyen Hoang Duc, Pham Tuan Hai, Nguyen Quang Hai, Nguyen Tien Linh.

Indonesia: Nadeo Argawinata-pg, Pratama Arhan, Jordi Amat, Fachruddin Aryanto (kapten), Rizky Ridho Ramadhani, Pratama Arhan, Marc Klok, Marselino Ferdinan, Saddil Ramdani, Dendy Sulistyawan, Yakob Sayuri.

Baca juga: Warga Hanoi antusias jual tiket leg kedua AFF Vietnam versus Indonesia

Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2023