Cianjur (ANTARA) - Perkumpulan Purnabakti Televisi Republik Indonesia (TVRI) Jakarta, menyalurkan bantuan untuk warga korban gempa Cianjur, Jawa Barat, berupa uang tunai melalui Markas Palang Merah Indonesia (PMI) Cianjur.

Ketua Umum PP TVRI, Bambang Sugiharto di Cianjur, Senin, mengatakan bantuan yang disalurkan melalui PMI Cianjur, merupakan donasi dari seluruh pengurus dan anggota PP TVRI untuk meringankan beban warga korban gempa Cianjur.

"Hari ini kami ke Cianjur bersama perwakilan pengurus untuk menyampaikan donasi bagi saudara kami yang terdampak gempa Cianjur, dana yang terkumpul Rp 9.500.000," katanya.

Pihaknya berharap meski tidak besar, minimal dapat mengurangi beban warga terdampak gempa yang masih tinggal di posko pengungsian. "Kami percayakan bantuan tersebut, untuk disalurkan PMI ke warga korban gempa," ucap Bambang.

Baca juga: BMKG terbitkan peta bahaya gempa Cianjur dipicu patahan Cugenang

Baca juga: PMI dirikan 60 tenda untuk dijadikan ruang kelas di Cianjur


Bendahara PMI Cianjur, Nurkholis, mengatakan setelah gempa magnitudo 5,6 yang mengguncang Cianjur, Senin (21/11/2022), berbagai bantuan dari PMI kabupaten/kota di Indonesia dan kalangan umum terus berdatangan dengan total donasi yang diterima dalam bentuk uang sebesar Rp 2,2 miliar.

Sebagian besar sudah digunakan untuk pembangunan hunian darurat sesuai permintaan dari donatur dengan jumlah permintaan lebih dari 600 unit hunian darurat serta pembelian logistik seperti sembako dan lain-lain.

"Total bantuan yang masuk sampai Senin (9/1/2023) mencapai Rp2,2 miliar, sebagian besar minta disalurkan untuk hunian sementara terutama dari PMI kabupaten/kota seluruh Indonesia, dari permintaan 600 unit saat ini yang sudah terbangun sekitar 200 unit," katanya.*

Baca juga: PMI Grobogan-Jateng bantu donasi untuk hunian darurat di Cianjur

Baca juga: 5 juta liter air sudah disalurkan PMI bagi warga korban gempa Cianjur

Pewarta: Ahmad Fikri
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2023