Kota Bogor (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bogor mendapatkan hibah anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) setempat tahun 2023 sebesar Rp3,6 miliar untuk penyelenggaraan pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2024.

Ketua Komisi I DPRD Kota Bogor, Heri Cahyono di Kota Bogor, Senin, mengatakan, dengan hibah anggaran tersebut diharapkan KPU bisa melaksanakan pesta demokrasi dengan langsung, umum, bebas, dan rahasia (Luber) serta jujur dan adil (Jurdil).

"Kami berharap Pilkada dan Pemilu nanti bisa berlangsung dengan Luber Jurdil itu agar pesta demokrasi berjalan dengan baik," ujar Heri.

Menurutnya, Komisi I DPRD Kota Bogor telah mengawali tahun dengan melakukan koordinasi bersama Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bogor agar mendapatkan informasi untuk pengawasan terkait pelaksanaan pemilihan umum (pemilu) dan pilkada 2024.

Koordinasi dan diskusi telah dilaksanakan Ketua Komisi I DPRD Kota Bogor, Heri Cahyono bersama Wakil Ketua Komisi I DPRD Kota Bogor, Anna Mariam Fadhilah dan anggota Komisi I DPRD Kota Bogor, Endah Purwanti, Siti Maesaroh dan Ade Azkiah dengan Ketua KPU Kota Bogor Samsudin di kantornya, Kamis (5/1).

Dalam upaya mengoptimalkan kinerja KPU Kota Bogor, Komisi I DPRD Kota Bogor pun telah meninjau pembangunan gedung KPU yang baru.

Berdasarkan peninjauan, gedung KPU yang baru memiliki luas 1800 meter per segi, dengan fasilitas berupa pojok JDIH, ruang aula serta meja informasi dan bantuan.

Heri mengungkapkan, meski saat ini masih menyewa bangunan tersebut, besar harapan KPU untuk bisa menjadikan bangunan yang berlokasi di Jalan Senam, Kelurahan Tanah Sareal, Kecamatan Tanah Sareal ini bisa dipermanenkan.

"Kami tentu akan mendukung keinginan KPU ini agar KPU Kota Bogor memiliki bangunan yang representatif dan setelah kami lihat, memang bangunannya sangat luas dan memadai untuk menunjang kinerja KPU," katanya.

Pewarta: Linna Susanti
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2023