Untuk target (okupansi hotel) kami berharap bisa sampai 70 persen sampai akhir tahun 2023
Denpasar (ANTARA) - Kepala Dinas Pariwisata Kota Denpasar, Dezire Mulyani menargetkan okupansi hotel di ibu kota Provinsi Bali tersebut dapat stabil di angka 70 persen selama tahun 2023.

Di Denpasar, Senin, Dezire menyampaikan bahwa target tersebut berkaca dari kondisi okupansi hotel yang terus membaik, terutama pada akhir tahun 2022 yang mencapai 80-90 persen.

"Untuk target (okupansi hotel) kami berharap bisa sampai 70 persen sampai akhir tahun 2023. Kalau target jumlah wisatawan, kami agak kesusahan karena kami banyak pintu masuk, yang bisa kami pantau adalah okupansi hotel," ujarnya.

Menurutnya, bila keterisian hotel mencapai 50-60 persen per bulan saja juga sudah cukup baik, mengingat angka tersebut umumnya didapat saat sebelum pandemi.

Sepekan usai libur Natal dan Tahun Baru, kata dia, mulai terjadi penurunan okupansi hotel, karena berakhirnya liburan dan umumnya penurunan terjadi selama Januari-Februari.

Baca juga: Sandi: Tingkat okupansi hotel saat Natal-tahun baru menggembirakan

"Ini kita masih menunggu dan melihat, artinya perkembangan dunia belum memungkinkan. Kita masih tidak bisa terlalu yakin dan optimistis terhadap kunjungan wisatawan luar. Jadi kami memang targetnya domestik dulu, untuk tingkat okupansi, kami perkirakan 70 persen sudah bagus tahun ini," kata Dezire. Pihaknya optimistis target itu tercapai seiring pencabutan aturan PPKM. 

Hingga saat ini Denpasar memiliki satu destinasi utama yaitu kawasan Pantai Sanur yang fasilitas pendukungnya terus ditingkatkan. 

"Sanur memang sudah ditata, dengan adanya pelabuhan, juga akan selesainya Kawasan Ekonomi Ekslusif (KEK) tahap I di Grand Inna, juga KEK khusus di Serangan. Kami berharap ke depan wisatawan lebih bisa memanfaatkan fasilitas yang kami punya," ujarnya.

Pada September atau Oktober 2023, lanjutnya, pada kawasan ekonomi yang sedang dibangun juga akan terdapat ruang pusat pertemuan dengan kapasitas 5.000 orang, sehingga akan semakin mendukung kunjungan turis ke Denpasar.

Baca juga: Pemkot Denpasar lakukan penataan Pantai Sanur dianggarkan Rp28 miliar
 

Pewarta: Ni Putu Putri Muliantari
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023