Beijing (ANTARA) - Indeks harga logistik angkutan jalan di China pada Desember 2022 naik tipis secara tahunan (year on year/yoy).

Indeks itu tercatat di angka 103,1 pada bulan lalu, naik 0,6 persen (yoy), demikian survei dari Federasi Logistik dan Pembelian China bersama Guangdong Lin'an Logistics Group dikutip Xinhua Selasa.

Data angka itu turun tipis 0,26 persen secara bulanan (month on month) pada Desember, papar survei tersebut, mengaitkan penurunan itu dengan gangguan COVID-19 ditambah awal Festival Musim Semi pada 2023.

Survei itu optimistis terkait kinerja sektor logistik angkutan jalan di masa mendatang, seraya menyatakan dampak negatif jangka pendek akibat epidemi akan berkurang, mengingat penerapan sejumlah kebijakan untuk menstabilkan ekonomi dan masyarakat, serta optimalisasi langkah-langkah antiepidemi setempat.

Indeks itu kemungkinan akan meningkat, di tengah fluktuasi, di masa mendatang seiring ekonomi dan pasar China berangsur pulih serta mencatatkan pertumbuhan yang kuat, imbuh survei tersebut.

Pewarta: Xinhua
Editor: Bayu Prasetyo
Copyright © ANTARA 2023