Malang, Jawa Timur (ANTARA) - Arema FC akan melakoni laga perdana putaran kedua kompetisi Liga 1 2022-2023 melawan Borneo FC di Stadion Jatidiri, Semarang, Jawa Tengah, pada 15 Januari 2023.

Komisaris PT Arema Aremania Bersatu Berprestasi Indonesia (AABBI) Tatang Dwi Arifianto mengatakan laga perdana tersebut mengalami perubahan jadwal berdasarkan circular yang diterima oleh manajemen Singo Edan.

"Surat perubahan jadwal sudah kami terima. Untuk laga perdana putaran kedua, Arema FC akan menghadapi Borneo FC di Stadion Jatidiri Semarang pada 15 Januari 2023," kata Tatang di Kota Malang, Jawa Timur, Rabu.

Tatang menjelaskan, dalam surat bernomor 009/LIB-KOM/I/2023 tersebut, pertandingan antara Arema FC melawan Borneo FC dimajukan satu hari di mana pada jadwal sebelumnya Singo Edan akan bermain pada 16 Januari 2023 di Stadion Sultan Agung Bantul.

Manajemen Arema FC sebelumnya telah mengajukan Stadion Sultan Agung Bantul sebagai kandangnya pada putaran kedua, namun ditolak oleh pemerintah daerah setempat. 

Baca juga: Pelatih Bali United minta semua pemain bantu Wellington cepat adaptasi

"Dalam surat yang kami terima, tertera bahwa alasan perubahan adalah penyesuaian jadwal," kata Tatang.

Ia menambahkan, sesuai keputusan Komisi Disiplin Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) mengenai  hukuman yang dijatuhkan kepada Arema FC, seluruh laga kandang Arema FC digelar tanpa penonton.

"Sesuai dengan keputusan Komdis terkait hukuman yang harus dijalani, laga kandang Arema FC digelar tanpa penonton," kata dia.

Arema FC dijatuhi sanksi oleh Komite Disiplin PSSI dalam kaitannya dengan tragedi di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, Jawa Timur yang merenggut 135 nyawa usai laga Arema FC melawan Persebaya.

Menurut Pasal 69 Ayat 1, Ayat 2 dan Ayat 3 Kode Disiplin PSSI Tahun 2018, Arema FC dilarang menyelenggarakan pertandingan sebagai tuan rumah dan harus dilaksanakan dengan jarak minimal 250 kilometer dari home base hingga akhir musim 2022-2023.

Baca juga: Jan Olde bertekad bawa Dewa United bangkit di putaran kedua

Pewarta: Vicki Febrianto
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2023