Pacitan, Jatim (ANTARA) - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengaku terpesona dengan keindahan dan eksotisme wahana wisata alam Sentono Gentong yang ada di Desa Dadapan, Kecamatan Pringkuku, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur.

Rasa kagum itu ia sampaikan, Rabu atau sehari usai ia dan rombongan singgah di kawasan wisata religi ini, di sela kunjungan kerja, Selasa (10/1).

"Sentono Gentong ini seperti orkestra semesta alam karena memiliki keindahan alam lengkap yang berpadu dengan sejarah dan spritual," ucap Khofifah mengungkapkan rasa takjubnya.

Baca juga: Menteri PDTT resmikan wisata alam Watu Lakar Pacitan

Khofifah mampir ke Pacitan dalam rangka kunjungan kerja, meresmikan dua jembatan darurat di wilayah Desa Kembang Kota Pacitan serta Desa Wonodadi Kecamatan Ngadirojo.

Kesempatan kunker itupun dia manfaatkan bersama rombongan untuk menikmati destinasi wisata unggulan di kota kelahiran Presiden Ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono tersebut, salah satunya wisata alam Sentono Gentong.

"Jatim ini banyak sekali tempat yang menyuguhkan keindahan bagi penikmat wisata alam, religi, kuliner, hingga tantangan bagi para penikmat dan atlet paralayang yang di Sentono Gentong dibuka biasanya sekitar bulan Maret menyesuaikan arah angin. Sentono Gentong ini wisata yg memiliki sejarah yang kuat. Ini bisa dibilang wisata alam ya alam, religi ya religi, olahraga ya olahraga," ujarnya.

Baca juga: Sandi ingin susun tatanan ekonomi berbasis wisata olahraga di Pacitan

"Kalau mau melihat 'harmonious partnership' di sinilah salah satu contohnya. Kalau kita mau melihat wisata alam dan atlet paralayang sekaligus napak tilas religi, di sini salah satunya," sambungnya.

Sebagai wisata religi, Sentono Gentong merupakan kawasan petilasan.

Baca juga: Desa Sendang di Pacitan tempat wisata untuk penyuka air

Di dalamnya terdapat gentong berisi tulang-tulang yang dibawa oleh Syekh Subakir dari Persia untuk menangkal roh jahat di Pulau Jawa agar Agama Islam dapat berkembang.

Khofifah lantas menekankan bahwa konektivitas ke Kabupaten Pacitan dan daerah Mataraman lainnya memerlukan perhatian khusus.

Baca juga: Gubernur Jatim ajak warga Pacitan bangun pesona wisata daerah

Dengan itu, keindahan Pacitan bisa lebih dipromosikan, sehingga wisatawan, baik domestik maupun mancanegara, bisa menikmati indahnya pesona wisata Pacitan.

"Goa-goa di Pacitan ini juga cukup banyak. Mulai dari wisata alam, religi, kuliner, olahraga, banyak sekali yang bisa dijual oleh Pacitan. Terutama yang terpenting adalah pembangunan infrastruktur dan menarik investor yang tepat. Dengan itu, semua wisatawan dapat makin menikmati keindahan Pacitan, baik wisatawan lokal atau internasional," ucapnya mengakiri penjelasannya.

Baca juga: Upaya mitigasi, BPBD Pacitan siagakan personel di objek wisata pantai
Baca juga: Berburu lanskap panorama indah di Pantai Klayar

Pewarta: Destyan H. Sujarwoko
Editor: Tunggul Susilo
Copyright © ANTARA 2023