Angka surplus tersebut lebih dari tiga kali rata-rata perkiraan para ekonom untuk surplus 471,1 miliar yen dalam jajak pendapat Reuters,....
Tokyo (ANTARA) - Jepang mencatat surplus transaksi berjalan terbesar untuk November, didorong oleh rekor kenaikan pendapatan primer dari pengembalian investasi luar negeri Jepang, data Kementerian Keuangan menunjukkan pada Kamis.

Surplus pendapatan utama, pelonggaran defisit perdagangan, dan melemahnya yen digabungkan untuk membawa surplus neraca berjalan Jepang menjadi 1,8 triliun yen (13,65 miliar dolar AS) pada November, tertinggi yang pernah ada untuk bulan itu, data menunjukkan.

Angka surplus tersebut lebih dari tiga kali rata-rata perkiraan para ekonom untuk surplus 471,1 miliar yen dalam jajak pendapat Reuters, dengan pengembalian besar dan kuat dari investasi portofolio dan investasi langsung di luar negeri lebih dari mengimbangi defisit perdagangan yang bertahan.

Baca juga: Produksi pabrik Jepang November turun karena permintaan global melemah

Surplus neraca transaksi berjalan negara itu telah lama dianggap sebagai tanda kekuatan ekspor dan sumber kepercayaan pada mata uang safe-haven yen, tetapi neraca kadang-kadang jatuh ke dalam defisit bulanan dalam beberapa tahun terakhir.

Surplus perdagangan Jepang telah mengalami penurunan yang stabil sejak krisis keuangan global 2007-2008, mengubah ekonomi negara itu menjadi ekonomi yang didorong oleh investasi di luar negeri.
 

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2023