Tangerang (ANTARA) - Polres Metro Tangerang Kota menyiapkan tim penjinak bom (Jibom) Gegana Polda Metro Jaya untuk melakukan penyisiran lokasi vihara sebelum peribadatan dilaksanakan pada perayaan Tahun Baru Imlek mendatang.

"Sebelum peribadatan nanti, kita akan menerjunkan tim Jibom Gegana Polda Metro Jaya untuk melakukan sterilisasi di vihara-vihara, ini untuk mengantisipasi gangguan sekecil apapun," kata Kapolres Metro Tangerang Kombes Pol Zain Dwi Nugroho di Tangerang Kamis.

Baca juga: Penganut Konghucu di Solo lepas ratusan burung dan ikan jelang Imlek

Ia menambahkan, seluruh satuan fungsi pada jajarannya dikerahkan untuk menjamin keamanan dan kelancaran perayaan tahun baru Imlek pada Minggu (22/1) mendatang.

"Untuk menjamin kelancaran arus lalu lintas di vihara yang berlokasi di pinggir jalan raya, kita siapkan personil satlantas yang akan mengatur arus lalin saat pelaksanaan ibadah Imlek tahun ini," kata Kapolres Kombes Zain di Tangerang Kamis.

Pada Kamis ini, kapolres beserta pejabat utama Polres Metro Tangerang Kota melakukan kunjungan ke empat vihara dengan lebih dari 500 jemaat untuk memastikan peribadatan masyarakat Tionghoa berjalan aman dan lancar.

Adapun empat vihara tersebut adalah Vihara Boen Tek Bio di Jalan Bhakti No.14 di Kelurahan Sukasari, Vihara Nimmala Boen San Bio di Jalan Ks Tubun Koang Jaya, Vihara Yang Sen Bio di Jalan Rawa Kucing Kelurahan Mekarsari dan Vihara Hok Tek Bio di Kelurahan Pangkalan Kecamatan.

Dalam kunjungannya, kapolres menemui sejumlah pengurus yayasan vihara menyampaikan pesan Kamtibmas selama rangkaian kegiatan Imlek.

"Kepada pengurus maupun pimpinan yayasan, kepolisian mengimbau jamaat tetap menerapkan protokol kesehatan, siapkan lahan parkir, tingkatkan kewaspadaan dengan membuatkan pos pemeriksaan tamu termasuk barang bawaannya," ujarnya.

Baca juga: Sembilan replika naga dari Santo Yosep siap tampil di Imlek Singkawang
Baca juga: Asti Atmodjo hadirkan busana batik untuk Imlek

 

Pewarta: Achmad Irfan
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2023