Jakarta (ANTARA) - Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Bintang Puspayoga mengajak generasi muda perempuan meningkatkan minat terhadap kewirausahaan.

"Kami dari jajaran Kemen PPPA sangat mengapresiasi segala bentuk inisiatif yang telah dilakukan oleh berbagai pihak untuk menguatkan UMKM perempuan dan pemulihan ekonomi, termasuk membangun semangat wirausaha milenial," kata Bintang Puspayoga dalam keterangan, di Jakarta, Kamis.

Upaya ini, menurut Bintang Puspayoga, sebagai bekal mempersiapkan kemandirian ekonomi di masa mendatang dan turut serta dalam membangun ekonomi bangsa.

Dikatakannya, partisipasi yang setara dari perempuan dan laki-laki merupakan kunci kesejahteraan suatu bangsa. Namun hal tersebut masih terkendala ketimpangan partisipasi perempuan, khususnya dalam bidang ekonomi.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), Tingkat Partisipasi Angkatan Kerja (TPAK) Perempuan per Agustus 2022, baru menunjukkan angka 53,41 persen.

"Sangat timpang dengan TPAK laki-laki yang sudah mencapai 83,87 persen," tutur Bintang Puspayoga.

Untuk memperkecil jarak ketimpangan antara perempuan dan laki-laki di sektor ekonomi, Menteri Bintang mendorong generasi muda khususnya perempuan dapat mempersiapkan kemandirian ekonomi melalui wirausaha.

Hal itu sejalan dengan salah satu dari isu prioritas Kemen PPPA, yakni peningkatan pemberdayaan perempuan dalam kewirausahaan yang berperspektif gender.

Menteri Bintang menambahkan upaya pemberdayaan perempuan di ranah kewirausahaan yang telah dilakukan oleh Kemen  PPPA, diantaranya melalui inisiasi Desa/Kelurahan Ramah Perempuan dan Peduli Anak (D/KRPPA).

KemenPPPA juga bekerja sama dengan mitra lembaga masyarakat yang mendampingi perempuan di akar rumput dalam melaksanakan pelatihan kewirausahaan dan kepemimpinan perempuan yang diselenggarakan di 15 provinsi dan 29 kabupaten/kota.

"Adanya pemberdayaan perempuan dalam kewirausahaan yang berperspektif gender diharapkan dapat mendukung wirausaha perempuan dan wirausaha milenial untuk mengembangkan suatu usaha yang inovatif dan berkelanjutan," tuturnya.

Baca juga: Kemen PPPA apresiasi putusan MA tolak kasasi Herry Wirawan
Baca juga: Kemen PPPA apresiasi langkah cepat Polri tangani penculikan anak
Baca juga: Menteri PPPA gandeng Srikandi PLN berdayakan perempuan penyintas KDRT

Pewarta: Anita Permata Dewi
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2023