Kupang (ANTARA) -
Rektor Universitas Nusa Cendana (Undana) Kupang, Nusa Tenggara Timur, Dr Maxs UE Sanam mengatakan kerja sama dengan Pemerintah Kota Kupang dalam mewujudkan kelurahan yang unggul difokuskan pada pengembangan sumber daya manusia (SDM).

"Kami optimistis kerja sama dengan Pemerintah Kota Kupang dalam mewujudkan kelurahan yang unggul bisa berhasil dengan sukses," kata Maxs UE Sanam di Kupang, Jumat.

Ia mengatakan hal itu terkait adanya penandatanganan kerja sama antara Undana dan Pemkot Kupang dalam mewujudkan kelurahan yang unggul di Kota Kupang.

"Kerja sama yang dilakukan bersama Pemerintah Kota Kupang merupakan bagian dalam refleksi menyambut HUT Ke-60 Undana melahirkan komitmen yang tertuang dalam tagline Undana Berdampak," katanya.

Baca juga: Undana bantu 205 paket alat tulis untuk pelajar di pedalaman NTT

Ia menjelaskan kerja sama itu juga merupakan transformasi dari paradigma dan visi Merdeka Belajar yang dirilis Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, menuntut perguruan tinggi untuk keluar dari kampus.

Menurut dia, pengetahuan dan keterampilan tidak lagi hanya didapat di ruang kuliah, laboratorium, dan perpustakaan, tetapi bisa juga didapat di mana saja seperti di dunia industri, lingkungan kerja maupun di tengah masyarakat, tidak hanya bagi mahasiswa melainkan juga para dosen.

"Berdasarkan pertimbangan inilah Undana ingin berkontribusi mengatasi persoalan yang dihadapi masyarakat dan yang menjadi pergumulan pemerintah daerah setempat," kata Maxs.

Ia mengatakan implementasi tri dharma perguruan tinggi di Undana selama ini masih dilakukan secara parsial dan tidak terintegrasi.

Baca juga: 2.012 mahasiswa Undana terima bantuan KIP kuliah

"Melalui kerja sama yang dilakukan dengan Pemerintah Kota Kupang, kami optimistis jika semua terfokus pada satu lokasi, baik penelitian, magang maupun kuliah kerja lapangan (KKL) mahasiswa tentu dampaknya akan luar biasa," kata Maxs.

Menurut dia, melalui kerja sama ini Undana ingin bermitra dengan Pemkot Kupang untuk mengidentifikasi persoalan yang terjadi di masyarakat dengan strategi fokus pada pokok persoalan dan mencoba berkontribusi untuk bersama mencari solusi.

Dia berharap kerja sama ini dapat membawa kemajuan yang signifikan bagi Kota Kupang.

Sementara itu, Wakil Rektor IV Undana yang membidangi perencanaan, kerja sama dan sistem informasi Dr Jefri S. Bale menambahkan bahwa dalam kerja sama ini ada tiga hal yang akan mereka intervensi, antara lain ketahanan pangan, pengembangan SDM dan UMKM, serta pengelolaan lingkungan, termasuk manajemen dan pengolahan sampah.

Baca juga: Pemkot: 13 kelurahan di Kupang bebas kasus stunting

"Untuk tahap pertama, kerja sama ini akan fokus pada 2 kelurahan yang ada di Kota Kupang, dengan kurun waktu pengawalan atau pendampingan selama 2-3 tahun," katanya.

Pewarta: Benediktus Sridin Sulu Jahang
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2023