Pontianak (ANTARA) - Kapolres Bengkayang, Polda Kalimantan Barat, AKBP Bayu Suseno mengajak semua pihak untuk menjaga Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas) menyambut dan saat perayaan Imlek dan Cap Go Meh 2023 di daerah itu.

"Kita mohon juga bantuan dari panitia Imlek dan Cap Go Meh serta peran seluruh elemen masyarakat dalam memelihara situasi kamtibmas di wilayah Kabupaten Bengkayang. Ini merupakan hal yang sangat penting, karena dengan sinergi dan kerjasama yang baik antar lini akan berdampak pada terciptanya Kamtibmas yang kondusif ke depannya," ujarnya saat dihubungi di Bengkayang, Minggu.

Ia memastikan pihaknya bakal terus berusaha meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, guna meminimalisir potensi gangguan Kamtibmas dalam rangka mewujudkan suasana kondusif khususnya menjelang pelaksanaan Imlek dan Cap Go Meh Tahun 2023 yang akan datang.

Jelang pelaksanaan Imlek dan Cap Go Meh 2023, Kapolres juga menambahkan bahwa pihaknya menargetkan beberapa poin penting terkait pengamanan dalam pelaksanaan kegiatan perayaan tersebut.

“Kami sudah menargetkan beberapa titik fokus dalam hal pengamanan perayaan Imlek dan Cap Go Meh. Dari target orang, barang, tempat hingga kegiatan. Hal ini tentu penting dalam pelaksanaan pengamanan untuk terciptanya situasi yang kondusif,” jelas dia.

Ia mengimbau kepada masyarakat agar selalu menjaga toleransi dan kerukunan antar umat beragama. Menurutnya, hal ini penting untuk ditanamkan pada setiap pribadi dan golongan agar tidak menimbulkan perpecahan di antara masyarakat.

"Apabila itu bisa diwujudkan, tentu akan berdampak pada terciptanya situasi Kamtibmas yang kondusif di wilayah Bengkayang. Terutama dalam pelaksanaan perayaan Imlek dan Cap Go Meh yang dalam waktu dekat ini akan berlangsung," tutupnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Imlek dan Cap Go Meh 2023, Alut mengatakan pihaknya telah mematangkan beberapa hal dalam memeriahkan perayaan yang menjadi even nasional ini.

"Terlebih even ini dilakukan setahun sekali dan sudah banyak dirindukan masyarakat, oleh karena beberapa tahun tidak dilaksanakan sebab adanya COVID-19,” kata dia.

Ia mengucapkan terima kasih kepada jajaran Polres Bengkayang karena telah bersama-sama ikut andil dalam rangka memberikan pengamanan jelang perayaan Imlek 2574 dan Cap Go Meh Tahun 2023 yang akan datang.

"Semoga dengan koordinasi yang sudah kita lakukan ini dapat membuat perayaan Imlek dan Cap Go Meh tahun 2023 dapat berjalan lancar, aman, dan kondusif," ucap dia.

Pewarta: Dedi
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2023