Jakarta (ANTARA) - Startup Campus berkolaborasi dengan Google untuk memberikan beasiswa Google Career Certificates kepada 300 peserta dalam rangka mengembangkan talenta-talenta digital di Indonesia.

“Ini bergengsi sekali karena benar-benar mengeluarkan sertifikat Google yang berstandar internasional. Programnya gratis, jadi ini beasiswa dan tentunya ada kriteria (untuk peserta),” kata Direktur Startup Campus Maryati dalam konferensi pers di Jakarta, Rabu.

Sebanyak 300 orang yang bisa mendapat kelas pelatihan secara gratis ini harus berumur 18-30 tahun, memiliki laptop dan internet, bersedia mengikuti pembelajaran mandiri melalui platform Coursera sekitar 15-20 jam per minggu serta melengkapi proses administrasi.

Pendaftaran beasiswa yang bertajuk Startup Campus Bina Bangsa bersama Google tersebut dibuka mulai 18 Januari sampai 12 Februari 2023 melalui laman https://startupcampus.id atau bit.ly/SC_BeasiswaGoogle dan pengumuman dilakukan pada 15 Februari 2023.

Kelas pelatihan profesional melalui platform Coursera akan berlangsung selama tiga bulan mulai 20 Februari sampai 31 Mei 2023 dengan kelulusan dilaksanakan pada Juni 2023.

Para peserta nantinya akan menempuh dua jenis kelas yang sedang sangat dibutuhkan oleh perusahaan-perusahaan yaitu mengenai data analytics dan UX designer.

Tak hanya itu, para peserta juga akan mendapatkan sertifikat karir oleh Google yang diakui secara internasional sehingga sangat membantu peserta dalam mencari pekerjaan.

“Mereka akan belajar, ada struktur belajarnya yang harus diselesaikan di sana (platform Coursera) dan ada beberapa proses administrasi yang harus diselesaikan,” ujarnya.

Sementara itu, Product Marketing Manager Google Indonesia Dora Songco mengatakan program beasiswa Google Career Certificate hadir di bawah Grow with Google dengan tujuan menciptakan sumber daya manusia (SDM) yang ahli teknologi digital.

Dora menuturkan pihak Google telah menyiapkan modul-modul pembelajaran di platform Coursera yang nantinya menjadi bahan belajar para penerima beasiswa.

“Google sendiri memberi modul-modul di Coursera yang dibuat oleh teman-teman dari Google yang berpengalaman,“ ujarnya.

Sebagai informasi, PT Kampus Merdeka Belajar atau Startup Campus sendiri adalah perusahaan teknologi pendidikan yang berdiri sejak 2021 untuk menyediakan berbagai pelatihan digital.

Baca juga: Program StartUP Campus ajak mahasiswa jadi pendiri perusahaan rintisan
 

Pewarta: Astrid Faidlatul Habibah
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2023