Jakarta (ANTARA) - Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi mengungkapkan Kementerian memiliki beberapa program untuk memperkuat dan memperbesar ekosistem startup di Indonesia mulai dari HUB.ID hingga pelatihan talenta digital sebagai bentuk dukungan mewujudkan Desa Kreatif.

Desa Kreatif merupakan salah satu program yang tengah dikembangkan Pemerintah sebagai cara meningkatkan potensi wisata di Indonesia dan sektor digital dinilai penting untuk dilibatkan agar pertumbuhan desa bisa lebih optimal.

“Jadi, salah satu indikator yang paling penting dalam pengembangan desa kreatif adalah pengembangan teknologi digital dan finansial,” kata Budi dalam keterangan pers yang diterima di Jakarta, Selasa.

Baca juga: Pemerintah berupaya menjalin kemitraan untuk mendorong inovasi digital

Kementerian Kominfo memiliki program HUB.ID yang merupakan jembatan memfasilitasi para startup (perusahaan rintisan) pemula dengan mitra strategis untuk meningkatkan skala usaha mereka.

Selanjutnya, ada juga program Startup Studio dan Sekolah Beta. Keduanya merupakan program pelatihan untuk mengembangkan keterampilan-keterampilan yang berhubungan dengan pembangunan startup khususnya dari segi bisnis dan teknologi.

“Selain program startup, kami juga memiliki serangkaian program pelatihan kecakapan digital seperti Digital Talent Scholarship, yang berfokus dengan berbagai upaya untuk meningkatkan daya saing SDM Indonesia di bidang teknologi informasi dan komunikasi (TIK),” kata Menkominfo.

Di dalam Digital Talent Scholarship ada beberapa program yang dapat diikuti masyarakat dari Desa Kreatif untuk memajukan dan menambah solusi pengembangan desanya seperti Digital Entrepreneurship Academy (DEA). Program pengembangan talenta digital itu berfokus pada pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) yang ingin naik kelas, meningkatkan pasarnya tidak hanya di dalam negeri, tapi, juga menambahnya dengan perluasan pasar secara digital.

Dalam program itu para pelaku UMKM diajak untuk meningkatkan kemampuan menguasai teknologi digital untuk mencapai tujuannya tersebut.

Lalu ada juga program bernama Thematic Academy (TA), yang bertujuan untuk meningkatkan keterampilan digital masyarakat dalam rangka mempercepat transformasi digital Indonesia. Mengikuti tema-tema yang berkembang di masyarakat, program itu mengajak pesertanya untuk bisa mendorong perkembangan perekonomian Indonesia lewat kreativitas dan inovasi.

Menkominfo berharap dengan hadirnya program dukungan dari Kemenkominfo, maka talenta-talenta di Desa Kreatif bisa lebih optimal memanfaatkan teknologi digital yang berkembang sebagai solusi meningkatkan kualitas hidup masyarakat di desa.

Baca juga: Kemenkominfo gandeng perusahaan teknologi genapi transformasi digital

Baca juga: Menkominfo pastikan percepatan dan pemerataan internet bisa beriringan

Baca juga: Kemenkominfo sasar mahasiswa Aceh untuk talenta digital

Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Natisha Andarningtyas
Copyright © ANTARA 2024