Jambi (ANTARA) - Dalam waktu sepekan ke depan, beberapa wilayah di Provinsi Jambi akan terus diguyur hujan lebat, masyarakat diminta waspada terjadinya bencana banjir dan tanah longsor.

Prakiraan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Provinsi Jambi, hingga akhir Januari 2023 masih terdapat curah hujan sedang hingga lebat dan masyarakat diminta untuk tetap waspada saat melakukan aktivitas di luar rumah, kata Kepala BMKG Provinsi Jambi Ibnu Sulistyo, di Jambi Kamis.

BMKG Jambi menyatakan hujan lebat tersebut bisa menyebabkan bencana banjir dan tanah longsor serta pohon tumbang. Wilayah yang curah hujan dengan intensitas lebat disertai angin kencang terjadi di Kabupaten Bungo, Merangin, Sarolangun, Kerinci dan kota Sungai Penuh.

“Ada lima daerah tersebut perlu diwaspadai adanya bencana longsor dan banjir bandang," katanya Ibnu Sulistyo.

Baca juga: BMKG: Waspadai cuaca ekstrem wilayah Jambi bagian barat

Baca juga: BMKG imbau warga waspada cuaca ekstrem pada periode peralihan musim


Hujan lebat disertai angin kencang tersebut masih akan mengguyur Jambi bagian barat sampai dengan awal Februari mendatang dan BMKG minta agar masyarakat tidak melakukan aktivitas di luar rumah saat hujan lebat.

Untuk daerah lainnya seperti Kabupaten Batang Hari, Kota Jambi, Kabupaten Muaro Jambi, Tanjungjabung Barat dan kabupaten Tanjungjabung Timur, masih terjadi hujan dengan intensitas sedang.

"Pada awal Februari curah hujan akan mengalami penurunan di beberapa daerah di Jambi bagian timur, salah satunya Kabupaten Muaro Jambi, Tanjungjabung Barat dan Tanjab Timur," katanya.*

Baca juga: BMKG sebut Provinsi Jambi masuk musim kemarau pada awal Juni

Baca juga: BMKG: Belokan angin sebabkan hujan lebat di wilayah Jambi

Pewarta: Nanang Mairiadi
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2023