Parigi, Sulteng (ANTARA) -
Sekretariat Jendral Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Bernad Dermawan Sutrisno memberikan penguatan kelembagaan di sejumlah unit kerja KPU daerah di Provinsi Sulawesi Tengah guna menghadapi Pemilu 2024.
 
"Penguatan kelembagaan penting untuk memastikan kesiapan sumber daya manusia (SDM) sekretariat KPU di daerah menghadapi tahapan pesta demokrasi," kata Bernad saat mengunjungi Sekretariat KPU Parigi Moutong, di Parigi, Kamis (19/1) malam.
 
Ia menjelaskan, selain penguatan SDM pihaknya juga memastikan kesiapan saranan dan prasarana penunjang pada setiap tahapan Pemilu, sehingga dalam pelaksanaan masing-masing tahapan tidak terhambat.
 
"Kami juga memastikan kesiapan logistik Pemilu di semua daerah, termasuk Sulawesi Tengah," ujar Bernad.
 
Ia juga berharap, Pemerintah Daerah (Pemda) setempat mendukung langka KPU melakukan dalam menyukseskan pemilu serentak, karena pelaksanaan pesta demokrasi tahun depan dengan agenda pemilihan presiden dan wakil presiden, pemilihan anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), DPD dan DPRD provinsi serta DPRD kabupaten/kota, termasuk pemilihan kelapa daerah (pilkada).
 
"Kesuksesan pemilu butuh dukungan semua pihak," katanya.
 
Setelah kunjungan kerja di Sulteng dan rute terakhir Kabupaten Parigi Moutong, Sekjen KPU RI dan rombongan melanjutkan kunjungan ke Provinsi Gorontalo melalui jalur darat.
 
Sekretaris Daerah Kabupaten Parigi Moutong Zulfinasran mengemukakan, Pemkab setempat mendukung dan mengapresiasi langkah KPU dalam menyiapkan segala sesuatunya untuk penyelenggaraan agenda tahunan nasional ini.
 
Karena, tahun depan Parigi Moutong salah satu daerah yang akan melaksanakan pilkada, sehingga hal ini perlu di komunikasikan dengan Pemerintah Sulteng mengenai pembiayaan penyelenggaraan pemilihan.
 
"Melihat kondisi keuangan daerah tentu terbatas, meski begitu kami tetap mengucurkan anggaran pelaksana kegiatan ini, sehingga perlu dikomunikasikan dengan pemerintah provinsi, karena pelaksanaannya bersamaan dengan pemilihan gubernur dan wakil gubernur, pemilihan bupati dan wakil bupati supaya tercipta sinkronisasi anggaran," tutur Zulfinasran.

Pewarta: Mohamad Ridwan
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2023