Ada 25 pedagang yang kami catat dan mereka menjajakan sebanyak 5.015 kilogram ikan bandeng setelah kami hitung
Jakarta (ANTARA) - Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (KPKP) Jakarta Barat melakukan inspeksi mendadak pedagang ikan bandeng di beberapa tempat menjelang perayaan Imlek untuk memastikan ikan yang dijual tidak mengandung formalin dan layak konsumsi.

"Menjelang perayaan Imlek banyak warga yang membeli ikan bandeng. Itu sudah menjadi tradisi. Maka dari itu kami datang untuk melakukan uji pangan," kata Kepala Suku Dinas Ketahanan Pangan Kelautan dan Pertanian (KPKP) Jakarta Barat, Novy Palit di Jakarta, Jumat.

Novy mengatakan pemeriksaan itu dilakukan di tiga lokasi yakni di sepanjang Jalan Sulaiman, Sukabumi Utara; Pasar Rawa Belong, Pal Merah; dan Pasar Glodok, Taman Sari.

Novy yang ikut hadir dalam pemeriksaan  ikan bandeng di sepanjang Jalan Sulaiman mencatat terdapat 25 pedagang ikan musiman yang menggelar dagangannya.

"Ada 25 pedagang yang kami catat dan mereka menjajakan sebanyak 5.015 kilogram ikan bandeng setelah kami hitung," kata dia.

Sampel daging dari ribuan kilogram ikan tersebut diambil dan diperiksa di mobil laboratorium keliling. Dalam proses pemeriksaan itulah pihaknya akan menentukan ikan tersebut aman untuk dikonsumsi atau tidak.

Jika seluruh sampel dinyatakan tidak mengandung formalin, maka ikan yang dijual para pedagang dinilai layak untuk dikonsumsi.

Namun jika beberapa sampel kedapatan mengandung formalin, maka petugas akan memberikan sanksi berupa teguran hingga larangan berdagang kepada pedagang tersebut.

Dari pemeriksaan di tiga lokasi, Novy memastikan tidak ada daging ikan yang mengandung formalin. Walau demikian, Novy memastikan akan terus melakukan pengawasan untuk mengantisipasi beredarnya daging ikan yang tidak layak dikonsumsi.

"Pengawasan akan terus berlangsung hingga sehari sebelum Imlek," jelas dia.
Baca juga: Pemkot Jakbar jaga wihara guna antisipasi PMKS saat Imlek
Baca juga: Rayakan Imlek, saatnya mencecap hidangan historis negeri Tirai Bambu
Baca juga: KAI catat 63 ribu tiket dari Gambir dan Senen terjual jelang Imlek

Pewarta: Walda Marison
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2023